Beranda News Sering Sariawan Indikasi Adanya Kanker Mulut

Sering Sariawan Indikasi Adanya Kanker Mulut

Milenianews, Sering sariawan atau luka pada sekitar bibir atau mulut buat resah dan timbulkan rasa sakit. Mulai terganggu saat makan, berbicara hingga tidur. Masalah kesehatan mulut ini banyak dialami oleh sejumlah orang.

Jangan anggap sepele sariawan, jika terjadi lebih dari satu bulan. Hal ini sebagai salah satu indikasi adanya kanker mulut.

Baca juga: Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Pilihan

Gejala Kanker Mulut

Rusmawati dokter spesialis penyakit mulut RS Mitra Keluarga Bintaro ungkap salah satu tanda gejala kanker mulut, sariawan lebih dari sebulan. (kutip dari merdeka.com).

 
“Secara umum, harus bisa bedakan sariawan biasa dengan kanker, yaitu waktu penyembuhan sariawan, tingkat sariawan, lokasi, meraba sekitar luka sariawan serta melihat perubahan warna adakah bercak putih dan merah di rongga mulut,” katanya.

Ciri-ciri kanker mulut, sakit pada rongga mulut yang tak kunjung sembuh, pembengkakan pada dagu akibat pembengkakan kelenjar limfa submandibular.

Selain itu, kesulitan mengunyah dan menelan, gigi tanggal atau goyang, muncul benjolan pada leher, serta bau mulut.

Penyebab Kanker Mulut

Faktor penyebab kanker mulut, salah satunya keturunan dan usia (lebih dari 50 tahun). Beberapa kebiasaan buruk bisa jadi pemicu orang terkena kanker mulut, seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, sering mengunyah buah pinang dan kapur, tidak menjaga kebersihan mulut, dan jarang konsumsi buah dan sayur.

Baca juga: Konsumsi Makanan ini Bisa Bantu Mencegah Kanker Payudara

Untuk hindari penyakit kanker mulut bisa mulai gaya hidup dan pola makan sehat, seperti jaga kebersihan mulut dengan rajin sikat gigi dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang.

Hentikan kebiasaan merokok dan alkohol, hindari paparan sinar matahari langsung, serta periksakan kesehatan gigi dan mulut secara berkala untuk hindari gangguan kesehatan yang muncul. (Lady Agustin).

1 KOMENTAR

  1. Kenapa mengunyah pinang dan kapur sala satu kanker mulut. Orang tua saya di kampung selalu mengunyah sirih dengan kapur dan pinang Tapi belum ada saya temui kasus kanker mulut karena itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

UNM Tebar Bakti Untuk Negeri Melalui Kegiatan Workshop

Milenianews.com, Cengkareng - Ramadan menjadi momen terbaik untuk berbagi, baik berbagi makanan, takjil ataupun berbagi pengetahuan. Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Cengkareng senantiasa menjadikan...

Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Lebaran sampai 24 Mei 2021

Milenianews.com, Jakarta - Pemerintah perpanjang larangan mudik sampai 24 Mei 2021. Perpanjangan tersebut berlaku mulai hari ini, 22 April 2021. Melalui Satuan Tugas (Satgas)...

Anak Dinosaurus Tertangkap CCTV, Berkeliaran di Belakang Rumah

Milenianews.com, Jakarta - Sebuah cuplikan video dari daerah Florida, Amerika Serikat (AS) memperlihatkan yang mirip seekor anak dinosaurus berlari di belakang rumah seorang warga. Jika...

Tayang Bersamaan Skandal, Film Seo Ye Ji ‘Recalled’ Puncaki Box Office Korea

Milenianews.com - Seiring dengan skandal yang terjadi kepada Seo Ye Ji, film terbaru yang ia bintangi berjudul Recalled justru menorehkan pencapaian menakjubkan. Recalled sukses...