Beranda Lifestyle Kesehatan Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Pilihan

Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Pilihan

Milenianews.com – Sobat milenia pasti pernah memiliki masalah kulit berjerawa. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga sangat menyebalkan karena terkadang juga, menyebabkan rasa sakit dan gatal. Jerawat umumnya muncul pada masa pubertas usia remaja, namun jerawat juga kerap muncul hingga usia dewasa.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat, dapat mencegah timbulnya jerawat pada individu. Dikutip dari NDTV, berikut beberapa pilihan makanan dan minuman yang bisa mencegah munculnya jerawat :

Baca Juga : Manfaat Buah Naga untuk Perawatan Kulit dan Rambut

1. Air Putih

Foto : Selain menyegarkan, banya minum air putih membuat tubuh tidak mudah dehidrasi.

Mengonsumsi air putih sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit, karena tubuh sel-sel pada kulit akan tetap terhidrasi. Air putih mampu melakukan detoksifikasi yaitu membuang racun pada kulit secara alami melalui pori-pori dalam bentuk keringat.

Menurut penelitian dalam jurnal Nutrition Reviews, proses ini dapat membersihkan kulit dari kotoran yang sering menyumbat pori-pori, sehingga apabila pori-pori bersih maka kulit juga akan terbebas dari jerawat.

2. Jus Lemon

Foto : Mengonsumsi jus lemon bisa membuat kulit lebih sehat.

 

Buah asam satu ini, memang sangat ampuh membantu menghilangkan jerawat dan bekas luka. Jus lemon mampu membuat kulit lebih sehat, menghilangkan minyak berlebih yang menjadi faktor munculnya jerawat, selain itu jus lemon juga ampuh  menghilangkan bau mulut.

3. Semangka

 

Foto : Selain menyegarkan, buah semangka bisa mengurangi dehidrasi.

Selain memiliki rasa yang segar, buah semangka baik untuk menghilangkan dahaga dan menghidrasi tubuh serta membantu mencerahkan kulit. Semangka diklaim ampuh untuk meningkatkan kecantikan kulit wajah. Diantaranya mencegah penuaan dini, melembabkan kulit, mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah, meremajakan kulit, dan sebagai obat jerawat. Semangka dapat langsung disantap atau dijadikan masker dengan ditambah perasan jeruk lemon.

4. Minyak Zaitun

Foto : Minyak zaitun memiliki sifat anti inflamansi yang berguna untuk menyembuhkan jerawat.

 

Minyak zaitun dari dulu memang dipercaya memiliki segudang manfaat karena mengandung senyawa baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya Vitamin E, K yang sangat baik untuk kulit. Minyak zaitun memiliki sifat anti inflamansi yang berguna untuk menyembuhkan jerawat meradang serta menghilangkan bekasnya.

5. Raspberry

Foto : Raspberry sering dijadikan sebagai bahan baku produk kecantikan.

Memiliki kandungan asam yang tinggi, membuat rapsberry banyak dijadikan sebagai salah satu bahan baku produk kecantikan. Buah ini memiliki manfaat mengurangi dan menstabilkan produksi minyak pada kulit, kandungan vitamin C pada buah ini bermanfaat baik untuk mengatasi kulit berjerawat.

6. Yoghurt

Foto : Selain untuk diet, yoghurt juga bisa sebagai penghilang jerawat.

Sama seperti buah zaitun, yoghurt juga memiliki sifat anti inflamansi yang membantu meredakan pembengkakan yang disebakan jerawat. Yoghurt memiliki khasiat antibakteri dan antijamur yang ampuh melawan jerawat dan mengencangkan jaringan kulit.

7. Apel

Foto : Apel kaya akan antioksidan.

Kandungan pektin pada buah apel membantu mencegah timbulnya jerawat, karena apel merupakan buah-buahan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Pada buah apel mengandung anti acne yang bernama quercetin sebagai salah satu zat yang dapat menghalau sel pemicu produksi histamine yang menyebakan pemicu munculnya jerawat. (Lady Agustine)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...