Beranda Lifestyle Kesehatan Konsumsi Makanan ini Bisa Bantu Mencegah Kanker Payudara

Konsumsi Makanan ini Bisa Bantu Mencegah Kanker Payudara

Milenianews.com – Kanker payudara adalah jenis tumor ganas yang menyerang dan berkembang pada sel-sel payudara. Penyakit ini paling banyak dialami oleh wanita dan pria juga bisa mengalaminya. Kanker dipicu oleh kebiasaaan pola hidup dan faktor keturunan.

Gaya hidup sehat bisa mencegah kanker payudara salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga : Kaya Akan Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Melon

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara:

1. Buah Beri

Foto : Buah Beri yang kaya akan antioksidan.

Kandungan Polifenol yang tinggi yang ada pada buah beri dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Buah beri juga kaya antioksidan yang dipercaya dapat mengurangi resiko kanker payudara.

Blueberry, stroberi, raspberry, dan cranberry memiliki senyawa antosianin sebagai sifat antiinflamasi dan antitumor sehingga baik di konsumsi untuk pencegahan.

2. Brokoli, Kembang Kol, Kubis Hijau dan Sawi Hijau

Foto : Tanaman kubis yang kaya antioksidan bisa mencegah kanker payudara.

Selain kaya akan antioksidan, sayuran hijau ini juga memiliki kandungan glukosinolat sebagai zat yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan DNA. Zat ini pula lah yang mampu mematikan sel kanker dengan cara menghambat pembentukan pembuluh darah tumor yang dapat memicu metastasis.

3. Biji-bijian Utuh

Foto : Biji-bijian mampu mencegah kanker payudara.

Karbohidrat kompleks, vitamin, serat, fitokimia, dan mineral terkandung dalam makanan gandum, beras merah, jagung dan sorgum yang dapat membantu mencegah kanker payudara.

Dilansir dari Cleveland Clinic, peneliti di Tiongkok mengatakan bahwa asupan serat yang tinggi dapat mengubah kerja hormon penyebab kanker payudara. Sehingga konsumsi biji-bijian secara rutin dapat menghindarkan tubuh dari resiko kanker payudara.

4. Minyak Zaitun

Foto : Minyak Zaitun.

Minyak zaitun memiliki sumber lemak omega yang 3 setara dengan ikan salmon, sarden, kacang kenari, alpukat dan minyak ikan cod.

Dalam penelitian Breast Cancer Research menyebutkan, bahwa wanita penderita kanker payudara yang rutin mengonsumsi omega 3 memiliki peluang kambuh yang rendah dalam 7 tahun setelah di diagnosa. Hal ini menyimpulkan bahwa omega 3 dianggap mampu mengurangi peradangan dalam tubuh yang menjadi penyebab pemicu kanker payudara.

5. Buah Delima

Foto : Buah delima.

Konsumsi jus buah delima secara rutin diketahui mampu menghambat tumbuhnya kanker payudara. Selain kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dengan mencegah kerusakan DNA pemicu sel kanker, buah delima juga mengandung phytochemicals yang disebut juga ellagitannin. Zat tersebut dapat mengurangi perkembangan sel penyebab kanker payudara.

6. Bawang

Foto : Semua jenis bawang, bisa mencegah risiko kanker payudara.

Imuwan dari University of Puerto Rico dalam penelitiannya mengatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi bawang lebih banyak mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 67% daripada wanita yang tidak memakannya.

Penelitian ini dilakukan selama 6 tahun di Puerto Rico, partisipan yang mengikuti penelitian ini mengatakan bahwa mereka sering mengonsumsi bawang dari salah satu masakan saus sofrito. Sofrito sendiri terbuat dari bahan dasar bawang putih, bawang bombai, paprika dan tomat yang dimasak bersama minyak zaitun.

7. Kemangi, Seledri, dan Ketumbar

Foto : Daun seledri yang segar.

Kandungan apigenin yang terdapat pada kemangi, seledri dan ketumbar memiliki jenis antioksidan flavonoid yang dikatakan memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antikanker.

Dalam jurnal penelitian HHS Public Access, apigenin mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara. Selain itu, mengkonsumi teh chamomile juga akan membantu menghambar tumbuhnya sel kanker karena serupa memiliki sumber apigenin.(Lady Agustin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

UNM Tebar Bakti Untuk Negeri Melalui Kegiatan Workshop

Milenianews.com, Cengkareng - Ramadan menjadi momen terbaik untuk berbagi, baik berbagi makanan, takjil ataupun berbagi pengetahuan. Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Cengkareng senantiasa menjadikan...

Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Lebaran sampai 24 Mei 2021

Milenianews.com, Jakarta - Pemerintah perpanjang larangan mudik sampai 24 Mei 2021. Perpanjangan tersebut berlaku mulai hari ini, 22 April 2021. Melalui Satuan Tugas (Satgas)...

Anak Dinosaurus Tertangkap CCTV, Berkeliaran di Belakang Rumah

Milenianews.com, Jakarta - Sebuah cuplikan video dari daerah Florida, Amerika Serikat (AS) memperlihatkan yang mirip seekor anak dinosaurus berlari di belakang rumah seorang warga. Jika...

Tayang Bersamaan Skandal, Film Seo Ye Ji ‘Recalled’ Puncaki Box Office Korea

Milenianews.com - Seiring dengan skandal yang terjadi kepada Seo Ye Ji, film terbaru yang ia bintangi berjudul Recalled justru menorehkan pencapaian menakjubkan. Recalled sukses...