7 Olahan Kedelai Kaya Protein yang Mesti Kamu Coba!

Olahan Kedelai Kaya Protein

Milenianews.com – Seperti yang kita ketahui, kedelai merupakan bahan pangan yang kaya akan protein nabati, serat, dan berbagai nutrisi penting lainnya. Dengan kandungan yang kaya akan protein tersebut, olahan makanan yang berbahan dasar kedelai tentu sangat bagus untuk Sobat Milenia konsumsi.

Pasalnya, dengan kandungan proteinnya tersebut terdapat berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya. Sehingga, mengonsumsi olahan kedelai dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk mendukung pola makan sehat Sobat Milenia. Berikut ulasan yang telah Mile rangkum dari beberapa sumber seputar olahan kedelai kaya protein yang lezat dan menyehatkan yang dapat Sobat konsumsi!

Baca Juga : Berikut 4 Makanan yang Bisa Melancarkan Pencernaan Kamu

Olahan Kedelai Kaya Protein

1. Tahu

Tahu adalah salah satu olahan kedelai yang paling umum dan serbaguna. Kaya akan protein, tahu dapat digunakan dalam berbagai resep, mulai dari tumisan, sup, hingga salad. Selain itu, Sobat juga dapat menyesuaikan berbagai bentuk dan juga tekstur dengan selera dan kebutuhan kulinermu.

2. Tempe

Tempe adalah hasil fermentasi kedelai yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masakan Indonesia. Olahan kedelai ini mengandung probiotik alami dan protein tinggi. Sobat dapat memasaknya menjadi tempe goreng, bacem, atau juga menjadi berbagai olahan hidangan lainnya.

3. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah pengganti susu hewani yang populer bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa atau memilih gaya hidup nabati. Olahan kedelai ini mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang dapat memberikan manfaat untuk tulang dan juga kesehatan jantung.

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah camilan sehat yang mengandung protein, serat, dan berbagai nutrisi penting. Sobat bisa mengonsumsinya dalam bentuk yang direbus atau juga dipanggang sebagai camilan yang bergizi.

Baca Juga : 7 Inspirasi Menu Mingguan dari Bahan Tempe

5. Edamame

Edamame adalah biji kedelai muda yang diolah dalam keadaan mentah atau setengah matang. Kacang edamame mengandung protein tinggi, serat, dan vitamin. Sobat bisa juga bisa menyajikannya sebagai camilan atau juga tambahkan dalam salad untuk cita rasa yang segar.

6. Miso

Miso adalah pasta fermentasi yang terbuat dari kedelai dan/atau gandum. Dalam masakan Jepang, miso sering digunakan sebagai dasar kuah sup, saus, atau sebagai bumbu untuk masakan. Di samping itu, selain mengandung probiotik yang tinggi, Miso juga memiliki rasa yang kaya.

7. Kedelai Hitam

Kedelai hitam adalah variasi kedelai yang memiliki kulit yang berwarna gelap. Jenis kedelai hitam mengandung antioksidan yang tinggi, yang juga dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kedelai hitam dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti bubur, kudapan, hingga sup.

Baca Juga : Nggak Cuma Digoreng, Ini Dia 3 Resep Olahan Tempe yang Praktis nan Lezat

Mengonsumsi olahan kedelai dapat memberikan manfaat yang luas untuk kesehatan. Kedelai mengandung isoflavon, senyawa yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, osteoporosis, dan juga beberapa jenis kanker. Selain itu, protein nabati dalam kedelai dapat menjadi sumber protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Jangan ragu untuk menggabungkan berbagai olahan kedelai ke dalam pola makan sehatmu. Dengan mencoba berbagai varian dan resep, kamu dapat menikmati kelezatan kedelai sambil memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *