Berikut 4 Makanan yang Bisa Melancarkan Pencernaan Kamu

Melancarkan Pencernaan

Milenianews.com – Keberlanjutan fungsi sistem pencernaan merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sembelit bisa menjadi masalah bagi sebagian orang, dan seringkali mereka mencari solusi instan seperti obat pencahar untuk melancarkan pencernaan. 

Namun, daripada hanya mengandalkan obat-obatan, mencoba beberapa jenis makanan berikut ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk memperlancar pencernaan kalian.

Baca juga : Inilah 3 Buah Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung

Adapun melansir dari Healthline, berikut 4 makanan yang berguna melancarkan pencernaan kalian.

4 Makanan yang bisa melancarkan pencernaan

1. Pepaya

Pepaya mengandung enzim pencernaan yang merupakan sebagai papain. Papain membantu dalam proses pencernaan dengan membantu mengurai serat protein.

Selain itu, papain juga dapat membantu meredakan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS), seperti sembelit dan perut kembung.

2. Biji chia

Biji chia adalah sumber serat yang sangat baik. Setelah dikonsumsi, biji chia membentuk substansi yang mirip dengan gelatin di dalam perut. Substansi ini berperan sebagai prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus, dan berkontribusi pada pencernaan yang sehat.

Kandungan seratnya juga membantu meningkatkan keteraturan usus dan mempromosikan buang air besar yang lancar.

Baca juga : 6 Makanan yang Wajib Dihindari saat Batuk dan Pilek, Catat Ya!

3. Tempe

Tempe yang terbuat dari kedelai yang difermentasi, juga baik untuk pencernaan. Selama proses fermentasi, antinutrien dalam kedelai yang disebut asam fitat dipecah. Ini penting karena asam fitat dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu.

Oleh karena itu, proses fermentasi meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Makanan fermentasi seperti tempe juga merupakan sumber yang baik untuk probiotik, yang membantu melindungi usus dari bakteri berbahaya dengan menciptakan lapisan pelindung.

4. Apel

Apel adalah sumber yang kaya akan pektin, yang merupakan jenis serat yang larut. Pektin melewati pencernaan di usus kecil dan kemudian terutai oleh bakteri sehat di usus besar.

Baca juga : Inilah 3 Buah Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung

Proses ini meningkatkan volume tinja dan oleh karena itu sering berguna untuk mengatasi masalah sembelit dan diare. Selain itu, apel juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko infeksi usus dan mengurangi peradangan di usus besar. Itulah keempat makanaan yang mampu melancarkan pencernaan kalian.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *