Di Masa Depan, Siapa yang Menguasai Data Akan menjadi Pemenang

Arief Rama Syarief dalam Talkshow ALumni Sukses

Milenianews.com, Depok – Zaman sekarang, segala sesuatu bisa mudah terwujud dan mungkin terjadi. Hal tersebut dipengaruhi dari perkembangan tenologi yang semakin variatif penggunaannya.

Data dianggap sebagai ‘bahan bakar’ baru dalam menentukan keputusan bisnis, bagi para praktisi. Hal tersebut dikatakan Arief Rama Syarif, S.T, M.Kom, sebagai Analytics Enablement Senior Manager Iykra.

Menurutnya, dengan mengetahui informasi didalamnya kita bisa mendapat keuntungan dari data. “Data bisa menjadi kunci masa depan,” katanya saat diwawancarai setelah acara Serasi Universitas Nusa Mandiri, di Margona, Depok, Minggu (22/09).

Baca Juga : Pelantikan Anggota Baru BEM Universitas Nusa Mandiri

Pria yang juga berprofesi sebagai dosen ini, menyebut bahwa, dengan data bisa mengetahui sikap dari pelanggan agar bisa memberi promo terbaik.

Big Data akan menjadi salah satu keperluan bisnis yang menjanjikan, karena dengan data, perusahaan bisa melakukan antisipasi.

“Antisipasi tersebut, bisa diterapkan dari proses produksi. Perusahaan yang bisa mengolah data maka itu yang akan menang,” jelasnya.

Dalam Big Data, ada lima peran utama yang menjadi hasil akhirnya. Yakni estimasi, prediksi, klasifikasi klastering dan asosiasi. Bila perusahaan bisa mengetahui sikap dari pelanggannya makan akan bisa menentukan arah perusahaan kedepannya seperti apa.

Serasi Universitas Nusa Mandiri

Arief dihadirkan sebagai narasumber pada Talkshow Alumni sukses yang diselenggarakan Universitas Nusa Mandiri sebagai kegaiatan untuk menyambut Mahasiswa Baru (Maba).

Sebagai penggiat teknologi dan juga dosen, ia memberi apresiasi terhadap gelaran Serasi ini.

“Sangat menarik, seharusnya maba diberikan pandangan setelah mereka lulus dan saat menjalani pendidikan. Saya sangat setju atas aktivitas seperti ini,” katanya.

Baca Juga : Universitas Nusa Mandiri Gelar Syukuran Gedung Baru

Selain itu, tak hanya diadakan sekali namun program dan kegiatan seperti ini harus dilakukan secara berkesinambungan.

Arief menyebut, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri juga bisa magang di kantor Iykira. Syaratnya dengan mengajukan surat magang dan memiliki dasar-dasar pengetahuan data mining dan pemrograman phyton. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *