Pemanfaatan AI Dalam Bidang Pendidikan: Transformasi Pembelajaran Menuju Masa Depan Pendidikan Indonesia  

Universitas BSI kampus Solo sebagai Kampus Digital Kreatif, menggelar Seminar Pemuda Digital di Hotel Harris Solo, Jawa Tengah, Senin (20/11/2023). (Foto: Dok Universitas BSI)  

Milenianews.com, Solo– Teknologi Artificial Intelligence (AI) memberikan sentuhan revolusioner dalam dunia pendidikan, terutama bisa menghadirkan pengalaman belajar yang inovatif. Machine Learning, ChatBot, Virtual Reality, Augmented Reality, dan teknologi AI lainnya membuka pintu menuju pembelajaran yang lebih menyeluruh dan mendetail bagi para siswa.

Vadlya Ma’arif, kepala Kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo, menyampaikan bahwa pemanfaatan AI dalam pendidikan telah berkembang pesat di berbagai negara, termasuk Indonesia. “Hadirnya AI menjadi peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah agar menjadi lebih baik. Guru tetap memiliki peran sentral, tetapi dengan bantuan objek buatan, mereka dapat lebih mudah mengajarkan praktik-praktik secara langsung,” ungkap Vadlya dalam acara Seminar Pemuda Digital di Hotel Harris Solo, Jawa Tengah, yang diselenggarakan Universitas BSI kampus Solo sebagai Kampus Digital Kreatif, Senin (20/11/2023).

Guru juga dapat memberikan tugas kepada siswa dengan memanfaatkan AI sebagai tutor bagi para siswa. “Peran alternatif AI adalah untuk membantu manusia dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien,” tambahnya.

Sementara itu, Naba Aji Notoseputro, Co-Founder Yayasan BSI, menjelaskan tujuan dari Seminar Pemuda Digital ini. “Seminar ini hadir untuk mengajak para pemuda agar bisa berperan aktif dalam pemanfaatan AI. Sebagai generasi muda yang akan menjalankan estafet kepemimpinan selanjutnya, mereka harus menguasai teknologi terbarukan. Hadirnya AI harus dimanfaatkan dan digali sisi peluangnya agar bisa terhindar dari risiko terburuknya. Intinya, mereka harus menjadi kreator dan inovator, bukan hanya sebagai pengguna,” tegas Naba.

Dengan semangat inovasi dan pemahaman yang mendalam tentang pemanfaatan AI, generasi muda diharapkan mampu membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan, menjadikan pembelajaran lebih adaptif, efisien, dan relevan dengan perkembangan zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *