Bukan Cuma Makanan, Berikut 7 Jenis Obat Pemicu Kolesterol Tinggi

Bukan Cuma Makanan, Berikut 7 Jenis Obat Pemicu Kolesterol Tinggi

Milenianews.com – Kolesterol tinggi biasanya akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Namun, tahukah kalian sobat milenia, jika beberapa jenis obat bisa jadi pemicu kolesterol tinggi? Ternyata ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa jadi pemicu kenaikan kolesterol jahat.

Untuk sobat milenia ketahui, Kolesterol merupakan zat lilin yang ada dalam tubuh kita yang bertujuan membangun sel dan membuat vitamin dan hormon. Ada baiknya untuk memperhatikan berbagai obat-obatan yang Sobat Milenia konsumsi agar tak berpengaruh pada kolesterol Anda.

Ada banyak obat yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Beberapa dapat meningkatkan kolesterol LDL “jahat”, menurunkan kolesterol HDL “baik”, atau keduanya. Ini termasuk obat-obatan seperti beta blocker, steroid anabolik, inhibitor protease HIV, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Buah Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol

Jika sobat milenia membutuhkan obat tersebut secara medis, maka harus menggunakannya sesuai resep. Dan memang manfaatnya umumnya akan lebih besar daripada risikonya dalam hal kolesterol Anda.

7 Jenis Obat Pemicu Kolesterol Tinggi

Berikut obat-obatan pemicu kolesterol tinggi yang harus kalian waspadai :

1. Beta Blocker

Dokter biasanya meresepkan Beta blocker untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung. Namun obat ini secara signifikan mengurangi kadar HDL. Mengutip Very Well Health, ada beberapa jenis beta blocker yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi, antara lain corgard, inderal, tenormin, torol, zebeta.

2. Prednison

Prednison adalah jenis obat yang berguna untuk mengurangi peradangan. Ini termasuk dalam kelas obat yang termasuk kortikosteroid. Obat  ini berguna untuk mengobati berbagai kondisi peradangan, termasuk reaksi alergi parah, beberapa jenis radang sendi, lupus, multiple skelosis, dan penyakit radang usus.

3. Amiodaron

Obat ini berguna untuk mengobati kondisi aritmia jantung. Aritmia jantung adalah detak jantung tidak teratur yang terjadi ketika sinyal listrik di otot jantung tidak berfungsi dengan baik. Ini juga menjadi obat-obatan pemicu kolesterol tinggi.

Baca Juga : Cara Jaga Pencernaan Tetap Sehat, Meski Rutinitas Padat

4. Siklosporin

Siklosporin adalah jenis obat imunosupresan. Obat ini juga akan bekerja dengan mengurangi respons kekebalan tubuh. Siklosporin memiliki banyak efek samping, salah satunya termasuk peningkatan kadar LDL.

5. Steroid Anabolik

Steroid anabolik adalah sekelompok hormon seks pria, misalnya testosteron. Obat ini juga memiliki kegunaan medis. Misalnya  mengobati beberapa jenis atau kondisi yang disebut hipogonadisme di mana tubuh tidak menghasilkan cukup testosteron. Atlet angkat besi biasanya menggunakan obat ini secara ilegal untuk membangun otot.

6. Inhibitor protease

Protease inhibitor termasuk dalam obat antiretroviral yang berguna untuk mengobati HIV. Penggunaan obat ini biasanya untuk mengkombinasikan dengan obat HIV lain dan bekerja dengan mencegah virus membuat salinan dirinya sendiri. 

Baca Juga : Mengalami Vertigo? Berikut Makanan yang Wajib Kamu Hindari dan Wajib Kamu Coba!

7. Obat Diuretik

Beberapa jenis obat-obatan diuretik berguna untuk mengobati tekanan darah tinggi dan retensi air. Ada dua jenis diuretik yang meningkatkan kadar kolesterol yaitu Diuretik Thiazide dan Diuretik loop. Diuretik thiazide, termasuk Diuril (chlorothiazide), Zaroxolyn (metolazone), dan hydrochlorothiazide, dan Diuretik loop, termasuk Lasix (furosemide), Demadex (torsemide), dan Bumex (bumetanide) menjadi obat-obatan pemicu kolesterol tinggi.

(Reporter 5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *