Buah Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol

Milenianews.com – Seiring dengan beragamnya makanan saat ini membuat risiko akan penyakin semakin meningkatkan juga. Tidak jarang sekarang bukan hanya orang yang berusia lanjut, bahkan anak muda zaman sekarang bisa berisiko Kolesterol. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Sobat milenia bisa memakan makanan yang bisa menurunkan Kolesterol sepert Sayur dan Buah.

Untuk sobat milenia ketahui, memang salah satu cara terbaik menurunkan kolesterol adalah dengan memodifikasi pola makan. Mengutip dari Harvard Health Publishing, beberapa jenis makanan dapat membantu menurunkan kolesterol. Makanan dengan kandungan serat larut air (soluble fibre) akan mengikat kolesterol dan menariknya keluar dari tubuh di sistem pencernaan.

ADOP

Selain itu, beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda dan menurunkan kolesterol secara langsung. Kandungan serat ini bisa kita dapatkan dari buah-buahan. Studi menemukan buah terbaik untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga : Daging Kurban Bisa Sebabkan Gangguan Pencernaan

Sebuah studi European Journal of Clinical Nutrition menyebut serat pektin pada buah mampu menurunkan kolesterol. Khususnya pektin yang terdapat pada buah apel dapat menurunkan kolesterol. Studi ini menemukan efek positif konsumsi pektin terhadap orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Pektin adalah polisakarida kompleks yang berada di dinding sel tanaman. Pektin banyak terdapat pada apel dan jeruk. Namun, berdasarkan penelitian, pektin pada apel lebih efektif menurunkan berat badan.

Peneliti memberikan 15 gram pektin per hari selama 4 minggu kepada partisipan. Hasilnya, pektin yang berasal dari buah apel lebih efektif menurunkan kolesterol daripada pektin yang berasal dari serat bulir jeruk.

Baca Juga : 7 Manfaat Makan Yogurt untuk Kesehatan

Pektin bekerja dengan mempengaruhi laju penyerapan nutrisi, penyerapan dan sekresi kolesterol. Namun terlepas dari itu, buah yang ampuh menurunkan kolesterol tidak hanya apel saja. Alpukat juga memiliki manfaat yang sama.

Mengutip dari HealthLine (17/1), alpukat kaya akan lemak tak jenuh sehat dan serat sehingga mampu menurunkan kolesterol. Berdasarkan kandungannya tersebut, Alpukat juga mampu membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here