Ingin Mendaki? Berikut 5 Gunung Aman Untuk Pendaki Pemula

Milenianews.com – Sudah sejak lama, kegiatan mendaki menjadi salah satu yang sering menjadi opsi untuk banyak orang mengisi waktu liburan dan aktivitas di luar ruangan. Selain itu, mendaki gunung juga erat kaitannya dengan healing di kalangan anak muda milenial dan gen Z. Tidak sedikit juga yang menjadikan kegiatan mendaki gunung ini sebagai hobi. Namun untuk kalian pendaki pemula sebaiknya membawa orang yang berpengalaman dan mencoba mendaki di gunung yang aman.

Perlu sobat milenia ketahui bahwa mendaki gunung hingga ke puncak bukanlah hal yang mudah. Nyatanya, banyak pendaki yang tidak mencapai tujuannya yaitu mencapai puncak karena kurangnya persiapan.

Tapi tenang, untuk sobat milenia yang ingin mencoba sensasi mendaki namun tidak pernah ada pengalaman alias pemula, kami punya 5 rekomedasi Gunung cocok untuk pendaki pemula.

Baca juga : Mengenal Seven Summit Indonesia, Sudah Naik Gunung Mana Aja?

5  Gunung yang Aman Untuk Pendaki Pemula

1. Gunung Andong

Berada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, ketinggiannya gunung ini hanya 1.726 mdpl tentunya tidak terlalu tinggi dan curam. Gunung Andong sangat cocok untuk pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung dalam kondisi alam yang masih alami.

Pendaki ini hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk pendakian. Gunung Andong memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap-Alap, dan Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo saat ini menjadi gunung favorit banyak orang. Terletak di 4 kabupaten yaitu Lumajang, Probolinggo, Malang dan Pasuruan yang terkenal dengan keindahannya.

Gunung ini berketinggian 2.329 mdpl dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru. Sehingga banyak tersedia layanan untuk pemandu perjalanan. Berbagai paket perjalanan tersedia untuk perjalanan ke Gunung Bromo. Banyak sistem yang ada juga memudahkan bagi pendaki pemula.

Baca juga : Selama Satu Bulan Tradisi “Megengan Kapitu”, Bromo Bebas Kendaraan Bermotor

3. Gunung Penanggungan

Berada di antara dua wilayah Jawa Timur, Mojokerto dan Pasuruan, Gunung Penanggungan termasuk kriteria gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Dengan ketinggian 1653 meter, gunung ini masih menawarkan suasana pendakian yang melelahkan dan menantang.

Gunung ini memiliki puncak yang cukup luas. Kita juga bisa melihat panorama Gunung Arjuna-Welirang yang masih dalam jangkauan.

4. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan memiliki tinggi 2665 meter dan terletak di Garut, Jawa Barat. Sementara itu, Gunung ini juga sering menjadi andalan untuk para pendaki pemula untuk mencoba pendakian.

Selama pendakian, kita bisa melihat pemandangan kawah yang indah, hutan yang penuh dengan pohon mati tanpa daun, Pondok Salada dan Tegal Alun yang penuh dengan bunga edelweiss.

Baca juga : 4 Tempat Wisata di Gunung Merapi yang Tetap Buka, Meski Bersatus Siaga

5. Gunung Prau

Gunung Prau menawarkan pemandangan yang spektakuler, antara lain pemandangan Kota Wonosobo, Danau Sikidang, dan Bukit Teletapit. Ketinggian gunung ini hanya 2.565 meter dan untuk menuju ke puncak Gunung Prau ini sangat mudah bagi pendaki yang minim pengalaman.

Gunung Prau adalah salah satu gunung paling populer untuk pemula. Terkenal dengan pesona golden sunrise terindah, gunung ini cocok untuk pemula.

Nah itulah beberapa gunung yang aman untuk pendaki pemula dengan ketinggian yang relatif belum terlalu tinggi dan jalur pendakiannya mudah. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mendaki? Atau punya rekomendasi gunung lainnya yang cocok untuk pemula?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *