Beranda Lifestyle Travelling 4 Tempat Wisata di Gunung Merapi yang Tetap Buka, Meski Bersatus Siaga

4 Tempat Wisata di Gunung Merapi yang Tetap Buka, Meski Bersatus Siaga

Milenianews.com, Jakarta – Berwisata ke Gunung Merapi rupanya tidak hanya sekedar untuk mendaki gunung saja, ada beberapa tempat wisata lain yang tersedia, mulai dari wisata edukasi sampai yang memacu adrenalin.

Saat ini, Gunung Merapi berstatus siaga (level 3), setelah sempat erupsi pada Minggu (17/1) lalu. Namun, beberapa tempat wisata di sekitar kaki Gunung Merapi masih tetap beroperasi.

Baca Juga : 5 Tujuan Wisata Kece Bagi Keluarga di Gunung Merapi

Berikut 5 tempat wisata yang masih buka meski Gunung Merapi berstatus siaga:

1. Lava Tour Merapi

Tempat Wisata Gunung Merapi
Foto : Lava Tour Outbond.

Lava Tour Merapi merupakan destinasi wisata yang memacu adrenalin. Karena  pengunjung akan diajak menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi menggunakan kendaraan bergarda 4×4.

Kondisi jalan yang tidak mudah membuat penyusuran menjadi semakin seru dan menantang. Dalam tur ini terdapat beberapa rute, yakni rute pendek, sedang, panjang, dan sunrise.

Baca Juga : Obyek Wisata di Yogyakarta Disiapkan untuk Menyambut New Normal

Namun, karena situasi Gunung Merapi yang terus meningkat, pihak operator menghilangkan beberapa rute. Rute yang dihilangkan adalah Bunker Kaliadem dan Rumah Mbah Maridjan. Kedua rute tersebut dihilangkan karena termasuk dalam zona merah, yakni berada dalam radius 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

2. Spot Foto Wisata di Gunung Merapi: The Lost World Castle

Tempat Wisata Gunung Merapi
Foto : Tempat Wisata The Lost World Castle.

Tempat wisata The Lost World Castle tetap beroperasi. Berdasarkan laman media sosial Instagram mereka tetap buka, meski Gunung Merapi dalam status siaga.

The Lost World Castle terletak di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini menyuguhkan pemanganan indah lereng Gunung Merapi.

Selain itu, terdapat pula banyak spot foto yang tentunya instagrammable. Dan uniknya lagi
tempat wisata ini dikelilingi tembok kokoh, para pengunjung pun menjulukinya Takeshi atau Tembok Besar China.

Dari benteng tersebut wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan hutan di sekelilingnya dari ketinggian.

3. Tempat Belajar tentang Gunung: Museum Gunungapi Merapi

Tempat Wisata Gunung Merapi
Foto : Museum Gunungapi Merapi.

Museum Gunungapi Merapi juga menjadi salah satu yang tetap beroperasi. Namun selama masa pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat (PPKM) ada pembatasan hari dan jam kunjung.

Pada tanggal 14-25 Januari buka pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Sementara itu, tidak jadwal buka untuk weekend.

Museum ini memiliki bentuknya yang unik mirip kerucut. Sebagai wisata edukasi di museum ini banyak yang bisa Sobat pelajari mulai dari evolusi kerak bumi, melihat gunung api aktif di Indonesia dan dunia, tipe letusan, hingga bagaimana melakukan mitigasi jika terjadi letusan gunung.

Selain itu dipamerkan juga berbagai peralatan di pos pengamatan Gunung Merapi dari masa ke masa juga dipamerkan di museum ini.

4. Museum Ullen Sentalu

Tempat Wisata Gunung Merapi
Foto : Museum Ullen Sentalu.

Bagi yang ingin mengetahui sejarah dan kesenian budaya di era Kerajaan Mataram bisa berkunjung ke Museum Ullen Sentalu. Banyak produk kebudayaan yang ada di museum ini.

Baca Juga : BPBD Jatim Lakukan Assesmen Wilayah Rentan Erupsi Gunung Semeru

Mulai dari gamelan antik, lukisan tarian Jawa beserta sebuah lukisan perempuan yang sedang menarikan tarian Serimpi Sari Tunggal.(Ahmad Fachrurozi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Final Fantasy 7 Ever Crisis Hadir di Perangkat Mobile

Milenianews.com - Square Enix memanfaatkan waktunya selama acara PlayStation State of Play hari Kamis (25/2) lalu dengan sangat baik. Tidak hanya mengumumkan update PS5...

Timpang

Kau si raut berbalut semburat Bersinar pada retina berbinar Syahdu dengan pandang penuh teduh   Aku si jiwa tanpa baswara Hanya punya cinta pada atma Semoga padanya adalah baka   Kita ialah...

Microsoft Siap Buka Data Center di Indonesia

Milenianews.com - Microsoft merupakan perusahaan teknologi yang sangat besar dan sudah mulai masuk ke Indonesia. Belum lama ini, Microsoft telah menjadi bagian dari program pemerintah...

Netflix investasikan USD 500 juta Untuk Film dan Drama Korea

Milenianews.com - Film dan drama Korea kini telah menjadi konsumsi berbagai kalangan, tidak hanya pecinta K-pop saja. Netflix sendiri mengumumkan akan menginvestasikan USD 500...