Universitas BSI Yogya Rutin Hibahkan Aplikasi ke Instansi Pemerintah dan Swasta

Hibah Aplikasi Universitas BSI Yogyakarta

Milenianews.com, Yogyakarta – Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta rutin hibahkan aplikasi. Aplikasi tersebut merupakanbuatan mahasiswanya untuk beberapa instansi pemerintahan maupun swasta.

“Aplikasi hibah tersebut disakurkan ke beberapa instansi swasta dan pemerintah. Produk tersebut merupakan hasil dari Tugas Akhir (TA) mahasiswa di semester 6,” tutur Kepala Prodi SI Universitas BSI Yogyakarta, Anik Andriani, Rabu (3/3).

Baca Juga : Pentingnya Publikasi dalam Setiap Acara

Anik mengatakan, saat melaksanakan PKL, mahasiswa menganalisis sistem berjalan pada instansi tempat mereka PKL. Mahasiswa bisa menemukan kelemahan dari sistem berjalan di instansi tersebut. Lalu mereka mengajukan sistem usulan dengan membuat sebuah aplikasi berbasis web maupun mobile.

“Selama periode semester Ganjil 2020/2021, sebanyak 8 aplikasi telah dihibahkan kepada masyarakat. Aplikasi tersebut antara lain aplikasi SI-DIGIPORT (Sistem Informasi Digital Raport). Aplikasi Kulakpasar ke Dinas Pasar Kecamatan Muntilan. Ada juga Aplikasi SIDIBA untuk Bagian Instalasi Teknologi Informasi di RSUP dr. Sardjito. Juga Sistem Pendaftaran untuk SMK Perindustrian Yogyakarta,” ujarnya.

Universitas BSI Yogyakarta konsisten buat aplikasi untuk masyarakat luas

Selain itu, ada Aplikasi SIPEMARA untuk sistem pengelolaan dan informasi peminjaman ruangan di Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Sleman. Ada juga Aplikasi Perpustakaan di kantor Kecamatan Tegalrejo.

Aplikasi SIAKARRAJA untuk pengelolaan data karyawan dan laporan pekerjaan pada CV. Sekawan Jaya, serta Sistem Perekrutan Pegawai di Mallioboro Mall di bawah pengelolaan PT. Indah Yogya Sejahtera.

“Hibah aplikasi mahasiswa ke instansi pemerintahan dan swasta merupakan kegiatan rutin tahunan yang menjadi agenda prodi SI dalam rangka peningkatan kualitas akademik. Selain itu, juga untuk kompetensi mahasiswa sebagai calon lulusan yang membantu peningkatan kualitas pengelolaan sistem di instansi sebagai mitra Universitas BSI,” pungkasnya.

Baca Juga : Tingkatkan Profesionalitas Dosen dengan Penulisan Buku Ajar

Ia berharap, program hibah aplikasi ini bisa terus berjalan dan semakin banyak mitra yang bertambah. Selain bermanfaat bagi instansi terkait, program hibah aplikasi ini juga dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa dalam menghasilkan produk sistem informasi untuk masyarakat.

Sementara itu, juga untuk meningkatkan pengalaman kerja, serta memperluas jaringan di dunia kerja.

“Aplikasi SI-Digiport, sangat membantu dan mempermudah guru dalam pengelolaan nilai rapor dengan mudah dan cepat. Kami di kalangan guru sangat senang karena biasanya kami harus lembur dalam mengelola nilai rapor. Tetapi dengan adanya aplikasi ini, pekerjaan kami lebih cepat selesai,” kata Arowiyah salah satu guru di SD Muhammadiyah Senggotan, Kulon Progo, Yogyakarta.(Lady Agustine)

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *