UIN Bukittinggi Resmi Buka 4 Prodi Baru

Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Bukittinggi resmi membuka empat program studi (prodi) strata satu (S1) umum baru. (Foto: Dok UIN Bukittinggi)

Milenianews.com, Bukittinggi- Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Bukittinggi resmi membuka empat program studi  (prodi) strata satu (S1) umum baru,  yaitu: Program Studi Bisnis Digital, Statistika, Matematika dan Informatika.

Hal ini sesuai dengan  Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai berikut:
1. Salinan Keputusan Nomor 897/E/O/2022 tentang izin pembukaan Prodi S1 Bisnis Digital;
2. Salinan Keputusan Nomor 884/E/O/2022 tentang izin pembukaan Prodi S1 Statistika;
3. Salinan Keputusan Nomor 929/E/O/2022 tentang izin pembukaan 2 Prodi yaitu Prodi S1 Matematika dan Prodi S1 Informatika.

Pasca transformasi alih status dari Institut menjadi Universitas, UIN Bukittinggi mengalami banyak perubahan signifikan. Tidak hanya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan lewat akreditasi, tapi juga melalui penambahan prodi-prodi baru.

Baca Juga : 2 Jurnal Ilmiah UIN Sjech M  Djamil Djambek Bukittinggi Naik Peringkat Sinta

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Asyari, M.Si. mengungkapkan rasa syukur atas keluarnya izin keempat prodi ini.  “Alhamdulillah empat  prodi umum ini telah resmi mendapat izin dari Kemendikbudristek RI. Pembukaan prodi baru ini untuk menjawab tantangan sekaligus mengakomodir kebutuhan masyarakat terkait prodi umum yang popular dan banyak diminati,” kata Asyari melalui rilis, Senin (2/1/2023).

“Era digital saat ini digandrungi kalangan generasi milenial juga menjadi faktor pendukung dibukanya Prodi Bisnis Digital. Kemudahan transformasi digital menjadi sarana yang menjanjikan bagi rodi ini untuk tahun-tahun ke depan,” tambahnya.

Setelah berjibaku dengan segala kerja keras dalam proses penyusunan pembukaan Prodi, akhirnya kerja keras dari Tim Borang di bawah koordinasi Wakil Rektor I dan seluruh pihak terkait mendapatkan hasil yang menggembirakan.

Pembuka Prodi-prodi Baru Selanjutnya

Rektor UIN Bukittinggi Prof. Ridha Ahida, M.Hum mengapresiasi kerja keras tim. “Semoga pembukaan prodi baru ini menjadi mata rantai pembuka prodi-prodi baru selanjutnya. Melenggang di pentas UIN berarti harus siap bersaing dengan UIN besar lainnya. Satu per satu langkah telah ditempuh untuk memantaskan diri menjadi universitas,” ujar rektor.

Baca Juga : Hadiah Akhir Tahun, UIN Bukittinggi Lantik 1.373 Wisudawan/ti Angkatan Pertama

Sebagai informasi, prodi baru ini akan membuka penerimaan pendaftaran mahasiswa baru pada tahun akademik 2023/2024. Dengan adanya penambahan prodi baru ini, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi  menargetkan membuka  fakultas baru yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK).

“Hal ini merupakan satu langkah maju, ke depan UIN Bukittinggi diharapkan bisa melakukan langkah perubahan lainnya  dengan mencetak alumni-alumni saintis yang memiliki pondasi agama dan ilmu sains yang mumpuni,” kata rektor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *