Ridwan Kamil Akan Gratiskan Biaya SPP SMA/SMK Di Jabar Tahun Depan

ridwan-kamil

Milenianews.com, Bandung – Biaya SPP SMA dan SMK di Jawa Barat mulai tahun depan akan digratiskan. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah membahas terkait rencana menggratiskan SPP SMA/SMK di Jabar.

“Saya selaku Gubernur sedang menyiapkan untuk tahun depan Insya Allah kalau tidak ada halangan SPP SMP dan SMA/SMK akan digratiskan,” kata Ridwan Kamil dikutip Republika, Selasa (18/06).

Baca Juga : Pendaftaran Online Siswa SD Sudah Diterapkan

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, Pemprov Jabar sudah menghitung kebutuhan anggarannya.

“Kalau tidak ada halangan maka SPP SMA/SMK gratis tahun depan,” paparnya.

Emil belum menjelaskan secara rinci skema program itu. Namun kebijakan itu akan mengurangi beban biaya pendidikan bagi masyarakat Jabar.

Kursi Penerimaan SMA Ditambah 19.000

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, pemerintah menambah 19.000 kursi untuk tingkat SMA. Namun, kebijakan tersebut sempat menuai protes dari sekolah swasta.

Sistem PPDB yang berbasis online, banyak menuai protes dari warga. Banyak warga yang mengeluhkan sistem tersebut lewat akun instagramnya.

Menurut Emil, protes tersebut karena kurangnya pengetahuan secara rinci regulasi PPDB baru.

“Sebenarnya sederhana, biasanya dari pengalaman lima tahun ngurus PPDB orangtua itu cenderung emosi kalau sudah urusan pendidikan anaknya,” katanya, dilansir Kompas.com.

Baca Juga : Huawei Luncurkan OS Buatan Sendiri

“Dan saya amati 80 persen emosinya itu muncul dari ketidaktahuan masyarakat tentang PPDB tersebut.  Rata-rata jawabannya itu dia tak membaca, belum paham tentang aturan,” paparnya. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *