Milenianews Gandeng UBSI Adakan Workshop Jurnalistik

Berita Workshop Jurnalistik UBSI Milenianews

Milenianews.com, Jakarta – Gelaran Workshop yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) berlangsung lancar. Kegiatan ini diadakan di Kampus UBSI Pemuda, Jakarta Timur pada Senin (18/03) dengan tema Citizen Journalism. Dihadiri 73 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Workshop dihadiri oleh Irwan Kelana, selaku Redaktur Senior Republika online. Ia memberikan materi tentang kepenulisan jurnalisitk, yakni mengenai cara menulis berita, penggunaan bahasa dalam berita juga editing berita. Selain itu, Workshop ini digelar sebagai perayaan rangkaian Dies Natalies UBSI ke-31.

Arina Selawati, selaku ketua pelaksana mengatakan,  tujuan Workshop ini guna merekrut para peserta yang ingin terjun dalam dunia jurnalistik dengan menjadi kontributor di Milenianews.com.

Baca Juga : Gelaran Acara Bedah Buku ‘Bangsa Terbelah’ Dapat Apresiasi Luar Biasa

Akan Diselenggaraan Di Tiga Kampus Lainnya

“Workshop ini untuk merekrut para pelajar dan mahasiswa yang ingin terjun dalam dunia jurnalistik. Nantinya mereka bisa menjadi kontributor di Milenianews.com,” ujarnya saat ditemui usai acara.

Lanjutnya, selain di UBSI Pemuda, kegiatan ini akan diselenggarakan di tiga kampus UBSI lainnya. Diantaranya UBSI Cengkareng 20 Maret, UBSI Jatiwaringin 25 Maret dan UBSI Margonda 27 Maret.

Unsur Terpenting Menulis Berita Adalah 5W+1H

Wokrshop Jurnalistik UBSI Milenianews
Foto/AL

Sementara Irwan Kelana menjelaskan dalam materinya, “Menjadi Jurnalis itu harus bermanfaat bagi orang banyak. Bisa memberi informasi yang benar kepada orang banyak, membantu orang lain yang kesusahan,” ujarnya dalam pemaparan materi.

Ia memberikan materi dasar kepenulisan berita. Menurutnya, unsur yang terpenting dalam berita adalah 5W+1H yang dijabarkan dari alasan tentang kejadian tersebut terjadi, What (Apa), Where (Dimana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa) dan How (Bagaimana).

“Intinya dalam berita adalah 5W+1H, namun yang membedakan dari setiap jurnalis adalah bagaimana cara ia memahami unsur tersebut dan menghidupkan tulisannya itu,” paparnya.

Para peserta disuruh menulis satu berita kemudian diseleksi dari tulisan berita yang dibuatnya. Seleksi tersebut di pilih langsung oleh Irwan Kelana. Nantinya, tulisan yang terpilih akan berkesempatan menjadi kontributor di Milenianews.com.

Meisya : Saya Harap Ilmunya Akan Berguna Untuk Karir Saya Kedepan

Worshop Jurnalistik UBSI Milenianews
Foto/AL

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti jalannya Workshop. Seperti diungkapkan Meisya, salah satu peserta dari UBSI Pemuda, yang mengapresiasi acara ini. 

“Acaranya sangat bermanfaat serta narasumber menjelaskan bagaimana cara menulis berita. Saya ikut acara ini karena harus mengetahui banyak soal jurnalistik serta mencari banyak pengalaman, terlebih saya ngambil jurusan Public Relations,” ujarnya saat diwawancarai lewat WhatsApp pada Selasa (19/02).

Perihal menjadi kontributor jika terpilih, ia mengatakan ada keinginan jika diberi kesempatan. “Tertarik sih, kalo nanti terpilih untuk menambah pengalaman dan kesiapan untuk karir saya kedepan,” tambahnya.

Ia juga berharap agar ilmu yang didapat saat Workshop kemarin bisa menambah ilmu jurnalistik nya terutama cara menulis berita dengan benar. “Itu juga akan berguna bagi karir saya di masa mendatang,” imbuhnya.

Baca Juga : Ajarkan Menulis Pada Generasi Milenial Lewat Workshop Jurnalistik

Generasi Muda Harus Diberi Wadah Penulisan Yang Tepat

Workshop Jurnalistik UBSI Milenianews
Foto/AL

Sementara Arina berharap, kegiatan ini bisa mewadahi calon jurnalis muda untuk menggali pengalamn jurnalistik di Mileniaews.com. Menurutnya, para pelajar dan mahasiswa sekarang sangat aktif. Untuk menampung keaktifan tersebut harus tersedia wadah yang tepat.

“Generasi milenial sangat aktif ya, terutama dengan mudahnya informasi-informasi tersebar, karena pengaruh sosial media. Itulah yang harus di tampung, agar mereka bisa lebih menata bahasanya lagi. Terutama mereka yang sangat aktif dalam sosial media,” tutupnya. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *