News  

Diceraikan, Kini Perempuan Arab Akan Dapat Notifikasi

Perempuan Arab

Milenianews.com, Jakarta – Penerapan hukum baru di negara kerajaan tersebut, guna melindungi perempuan arab yang mengalami perceraian tiba-tiba dalam pernikahannya.

Mereka kini akan mendapatkan notifikasi lewat pesan singkat jika resmi diceraikan oleh suaminya.

Seperti dimuat CNN yang dikutip dari Reuters, pengadilan Saudi akan mengirim notifikasi perceraian. Sebuah langkah yang bertujuan untuk melindungi hak perempuan.

Perempuan Arab Baru Bisa Menyetir Mobil Sendiri

Perempuan Arab Mengendari Mobil Sendiri

“Pengadilan Saudi akan mulai mengirim seperti notifikasi (perceraian), sebuah langkah yang bertujuan untuk melindungi hak klien perempuan,” Ungkap Kementerian Hukum Arab Saudi, Minggu (06/01).

Hukum itu pun mulai diberlakukan sejak akhir pekan lalu. Pencetus gagasan tersebut datang dari Pangeran Mohammed bin Salman, yang sebelumnya juga telah menghapus larangan bagi perempuan untuk menyetir mobil sendiri.

Baca Juga : Ini Alasan Sinead O’Connor Menjadi Muallaf

Pria Di Arab Saudi Ceraikan Istri Begitu Saja

Sebagai informasi, di negara Arab, umumnya pria bisa begitu saja menceraikan istri mereka. Selain mendapat notifikasi, mereka juga bisa mengecek status perkawinan mereka pada situs Kementerian atau mendatangi kantor pengadilan terkait.

Aktivis HAM global, Equality Now, Suad Abu-Dayyeh mengatakan. “Memang ini langkah yang kecil, tetapi ini tepat. Paling tidak mereka tahu apakah diceraikan atau tidak oleh suaminya.” Ujarnya.

Bagi Suad, hal lain yang menjadi fokus adalah, mengenai tunjangan dan hak asuh anak bagi perempuan setalah diceraikan.

Baca Juga : Ledakan Bom Bunuh Diri Pada Perayaan Maulid Tewaskan Puluhan Orang

Sistem Perwalian Di Arab Saudi Mencekik Perempuan

Sambung dia, poin utama tetap pada kebijakan perwalian Arab Saudi. Perempuan harus memiliki izin dari kerabat laki-laki untuk bekerja, bepergian, menikah bahkan mendapatkan perawatan medis.

Sistem perwalian seperti ini, menurutnya, adalah masalah inti yang harus dibongkar. Sistem pengkontrolan terhadap wanita dalam setiap langkah kehidupan mereka, membuat mereka tercekik.

“Sistem perwalian pria adalah masalah inti dan harus dibongkar. Sistem ini mengontrol wanita dalam setiap langkah kehidupan mereka. Sistem ini mencekik wanita Saudi.” Sambung Suad. (ikok)

Sumber : CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *