KBRI Lisbon Gelar Festival Gastronomi Asia untuk Kenalkan Kuliner Asia

Festival Gastronomi Asia

Milenianews.com, Lisabon – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lisabon, Portugal, melaksanakan Festival Gastronomi Asia bersama kedutaan besar Asia lainnya. Tujuannya, untuk memperkenalkan kuliner di negara-negara Asia kepada masyarakat Portugal.

Festival ini diselenggarakan dengan kerjasama antara KBRI, Bangladesh, Filipina, Korea, India, dan Thailand. Festival Gastronomi Asia dilakukan di area kantor KBRI Lisabon. Kuliner Indonesia yang disajikan seperti rendang, sate ayam, bakmi goreng, nasi bakar, martabak telur, lumpia, kue lapis, onde-onde serta minuman tradisional Indoensia, seperti Wedang secang.

Dilansir dari detik, pengunjung yang hadir diberikan kesempatan untuk melihat dan berdiskusi secara langsung terkait proses pembuatan makanan. Para pengunjung juga disebutkan kaget dan baru mengetahui bahwa bumbu yang diperlukan untuk masakan tersebut tersedia di toko-toko Asia di Lisabon.

“Ratusan abad silam penjelajah Portugis berlayar ke Asia, untuk menemukan jalur perdagangan rempah-rempah. Rempah tersebut menjadi kekuatan bumbu masakan yang kami santap tadi dan kami beruntung dapat menemukannya di Portugal,”. Ujar Divisi Promosi Asia di Museu Santa Casa Misericórdia Ricardo da Costa,yang turut hadir bersama keluarganya, Minggu (27/10).

Baca Juga : Festival Kuliner dan Telok Abang Budaya Khas Palembang

Melalui festival ini, pengunjung dapat mengetahui kesamaan karakteristik kuliner dari tiap negara di Asia. Kesamaan karakter ini disebut merupakan hasil interaksi antarbangsa Asia sejak ratusan tahun lalu.

“Ternyata kuliner di Asia terdapat kemiripan pada rasa dan tampilan, kekayaan bumbu dan rempah sangat mengagumkan,” ujar mahasiswa Universitas Lisabon Alexandra Xavier.

Festival Gastronomi Asia
Sumber : detik.com

Selain makanan Indonesia, masyarakat juga bisa menikmati makanan dari negara Asia lainnya. Seperti dak-galbi dan bulgogi dari Korea, adobang manok dan pancit dari Filipina, thai chicken curry dan mango sticky rice dari Thailand, briyani dari Bangladesh dan samosa makanan dari India.

Keseruan acara sangat terlihat dari antusias pengunjung yang datang, lebih dari 500 pengunjung hadir di kegiatan festival kuliner ini. Selain disuguhkan makanan, pengunjung juga diberikan hiburan lagu dari negara masing-masing.

Sumber : detik.com, Kemenlu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *