Telok Abang, Budaya Khas Palembang

Festival Kuliner dan Telok Abang Budaya Khas Palembang

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) DPD Sumatera Selatan berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumsel akan menyelenggarakan Festival Kuliner dan Telok Abang Budaya Khas Palembang.

Dilansir dari TribunNews Palembang, Ketua HIPAKAD DPD Sumsel Ferdi Aligafur mengatakan, Festival Kuliner dan Telok Abang ini diadakan untuk memeriahkan HUT RI ke 74 sekaligus untuk menggaungkan kembali budaya tahunan Palembang yaitu telok abang.

“Telok abang sudah jadi budaya kita warga Palembang. Tapi saat ini gaungnya terlihat masih kurang. Untuk itu kita ingin mengaungkan kembali dengan mengadakan Festival Kuliner dan Telok Abang,” ujarnya.

Momen 17 Agustusan itu selalu cari-cari telok abang. Namun kalau saat ini sudah jarang melihat anak-anak kecil mencari telok abang. Sehingga telok abang yang jadi Budaya Khas Palembang harus di lestarikan dan di gaungkan kembali.

Baca Juga : Pentas Budaya Manggarai Flores di TMII Bakal Turut Meriahkan HUT RI Ke-74

Lestarikan Telok Abang, Budaya Khas Palembang

Ketua HIPAKAD DPD Sumsel Ferdi Aligafur dan (kiri kedua) Ketua Pelaksana Daniel beserta anggota HIPAKA D berfoto bersama di Sekretariat HIPAKAD, Jalan Rumah Bari (halaman belakang balai prajurit) ( Tribunsumsel.com/Linda)( Sumber : Tribunsumsel.com/Linda)

“Dengan adanya kegiatan ini harapanya bisa mengangkat kembali budaya telok abang. Sehingga masyarakat akan semakin cinta dan mengenal telok abang,” ujarnya.

Festival Kuliner dan Telok Abang akan menghadirkan berbagai kegiatan, selain ada kuliner makanan tradisional seperti pempek, laksan, ragit, celimpungan dan lain-lain juga akan dihadirkan stand-stand telok abang.

Kemudian juga akan ada lomba-lomba seperti lomba maumere kreasi memperebutkan piala Gubernur. Ada juga lomba rebana, lomba karoke dan juga disediakan telok abang yang polos untuk anak-anak TK dan SD biar dikreasikan sendiri akan jadi seperti apa.

“Yang berminat mengikuti lomba bisa mendaftarkan diri di Sekretariat HIPAKAD. Kami mengadakan Festival Kuliner dan Telok Abang di sini karena di sini termasuk heritage, jadi cocok mengadakan acara di sini,” katanya.

Menurutnya nantinya di Sekretariat HIPAKAD akan dihias berbagai ornamen seperti kapal-kapal dan lain-lain. Festival Kuliner dan Telok Abang ini dibuka dari pukul 10.00 sampai 22.00

Post Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *