Milenianews.com – Julukan penjelajah, layak tersemat bagi generasi muda yang menyukai tantangan. Mengarungi samudera kehidupan yang sangat luas memang tidaklah mudah. Termasuk bagi mereka para perantau, yang memutuskan untuk kuliah, sebelum bekerja.

Sebagai generasi muda, merantau untuk kuliah bukanlah sebuah hal yang menakutkan. Justru ini menjadi kesempatan yang akan memuluskan terciptanya mimpi dan menerima peluang lebih.

ADOP

Baca Juga : Wow! Ini 5 Kampus IT Terfavorit di Solo

Menjelajahi daerah yang baru, sambil menggali pengetahuan, menjadi hal yang paling mengasyikkan bagi generasi muda.

Bagi kamu yang sedang mencari tempat kuliah dan ingin merantau untuk kuliah, kita kasih referensi tempatnya.

Berikut 7 kota paling asyik bagi para perantau untuk kuliah:

1. Bandung

Foto : Telkom University

Paris van Java, menjadi julukan untuk kota Bandung karena diibaratkan sebagai kota Paris nya Indonesia. Julukan ini berawal dari salah satu jalan di Bandung, yakni jalan Braga.

Jalan Braga ini dulunya merupakan tempat berkumpulnya orang-orang Belanda untuk berbelanja atau jalan-jalan. Kini, bangunan-bangunan berarsitektur Eropa yang terletak di jalan Braga pun, masih kokoh berdiri. Tak heran, jika Bandung juga terkenal sebagai kota belanja.

Selain itu, Bandung juga punya julukan sebagai kota pendidikan. Perguruan tinggi teknik pertama lahir di Bandung yakni Institute Teknologi Bandung (ITB). Setelah itu, kini di Bandung juga banyak perguruan tinggi seperti Universitas Telkom, Universitas Padjadjaran, Universitas Parahyangan dan Universitas Pendidikan Indonesia.

2. Yogyakarta

Foto : Universitas Negeri Yogyakarta

Keistimewaan Yogyakarta sebagai kota tujuan rantau, memang cukup menarik bagi para generasi muda. Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar, kota wisata, juga sebagai kota seni dan budaya.

Seorang penyair terkemuka Indonesia, Joko Punirbo menyebutnya dalam untaian kata nan indah yakni “Yogya terbuat dari rindu, pulang dan angkringan”. Kota ini mampu menarik orang untuk datang dan kembali pulang ke sana.

Kota ini pula telah menjadi ikon bagi Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebagai kota pelajar, ada banyak perguruan tinggi di Yogyakarta, di antaranya Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta.

3. Bogor

Foto : Universitas BSI Bogor

Sebagai penyangga ibu kota Jakarta, Bogor juga menarik untuk kita jelajahi. Kota yang dengan julukan sebagai surganya wisata kuliner ini, punya daya tarik yang istimewa. Bagi siapa aja yang hendak menikmati hiruk pikuk padatnya aktivitas masyarakat di sana.

Kota yang menjadi saksi bisu sejarah Indonesia di Istana Bogor ini, tentu memiliki keunikan untuk ditelusuri. Apalagi di Bogor juga banyak perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan generasi muda. Ada Institute Pertanian Bogor (IPB), ada Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, Universitas Pakuan dan masih banyak lagi lainnya.

4. Depok

15 Kampus Terbaik Untuk Karyawan Di Jakarta
Foto: kampus Universitas Indonesia

Selain Bogor, Depok juga sebagai kota penyangga kota Jakarta memiliki keunikan dan punya keistimewaan tersendiri. Segalanya memang ada di Depok, mulai dari Jin buang anak, hingga pernah punya presiden sendiri. Depok yang juga kota berikon belimbing dewa ini, dihuni oleh 2 484 186 jiwa pada 2020, bersumber pada data https://depokkota.bps.go.id/.

Depok juga kota yang menawarkan berbagai keunikannya. Apalagi Depok yang dekat dengan Jakarta, tentu cukup menarik untuk menjadi tempat perantauan.

Perguruan tinggi pun banyak di Depok, sebut saja Universitas Indonesia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Universitas BSI, Universitas Gunadarma, dan masih banyak lainnya.

5. Jakarta

15 Kampus Terbaik Untuk Karyawan Di Jakarta
Foto: Universitas Trisakti

Sebagai ibu kota negara, Jakarta tentu memiliki daya tarik tersendiri yang begitu memukau bagi perantau. Kerasnya Jakarta tak hentikan langkah generasi muda untuk bertekad merantau di kota ini.

Ikon Jakarta dengan gedung-gedung pencakar langitnya, menjadi salah satu optimisme generasi muda untuk menjelajahi kota metropolitan ini.

Di kota ini pula, menawarkan berbagai kemudahan akses pendidikan dan dunia kerja. Tak heran, jika Jakarta menjadi tujuan nomor satu bagi para perantau, meski kemacetan sudah menjadi tradisi di sini.

Generasi muda yang hendak menimba ilmu pengetahuan pun diberikan banyak pilihan kampus, seperti Universitas Trisakti, Universitas Atma Jaya, BRI Institute (Cyber University), Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas BSI dan masih banyak lagi lainnya.

6. Purwokerto

Foto : Universitas Soedirman

Petualang sejati tentu akan penasaran dengan destinasi wisata kota Purwokerto, mulai dari Curug Pengantin hingga Telaga Sunyi. Di kota ini pula, tempat lahirnya bahasa ngapak dan tempe mendoan yang tiada duanya.

Sejuknya udara Purwokerto, tentu akan semakin membuat rindu yang menggebu, untuk kembali menjelajah di kota dengan beberapa keunikkan ini.

Generasi muda yang ingin datang menimba ilmu pengetahuan disana, dapat berselancar ke beberapa destinasi wisata yang ada, sekaligus memilih beberapa perguruan tinggi yang tersedia.

Di antaranya ada Intitute Teknologi Telkom, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Soedirman dan masih banyak lainnya.

7. Solo

Foto : Universitas BSI Kampus Solo

Kota kelahiran presiden Joko Widodo ini, juga menarik untuk kita telusuri. Pasalnya, di kota ini, berbagai festival menarik sering rutin digelar. Solo juga memiliki dua keraton dan kereta uap yang melintas di tengah kota. Tentu, hal ini juga menjadi daya tarik yang menakjubkan di kota Solo.

Berbagai perguruan tinggi pilihan pun, banyak tersedia. Ditambah biaya hidup yang terjangkau, Solo bisa menjadi pilihan generasi muda untuk merantau kuliah. Di Solo ada Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : 11 Universitas Swasta Paling Favorit di Bandung

Itulah 7 kota di Indonesia yang bisa generasi muda taklukkan dan bisa menjadi referensi untuk menjelajahinya sambil menimba ilmu pengetahuan. Optimis dan keberanian bukti nyata generasi muda raih masa depan cerah. Semangat Berpetualang!(Umi)

 

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here