Universitas swasta di kota bandung

Milenianews.com – Kota Bandung, selalu menjadi primadona bagi kaum muda sebagai destinasi hiburan, liburan dan tempat mengenyam pendidikan mereka. Tak heran, selain banyak tempat wisata, tempat nongkrong, taman dan tempat hiburan lainnya, Universitas di Bandung juga tak kalah banyak. Terutama universitas swasta.

Banyaknya Universitas swasta, bisa menjadi referensi para kawula muda, untuk memilih kuliah berkualitas di kota dengan julukan Paris van Java ini.

ADOP

Baca Juga : Cari Kampus di Depok? Cek Daftar Referensi Kampus ini!

Selain itu, mereka yang kuliah di Bandung, selalu punya kesan sendiri. Cuaca sejuk, masyarakat ramah, biaya hidup di Bandung juga tidak terlalu mahal jadiin Bandung tempat impian para mahasiswa. Jadi tak heran, jika Bandung juga terkenal sebagai kota pendidikan.

Sobat Milenia yang baru lulus sekolah, ingin melanjutkan kuliah di Kota Bandung, berikut Milenianews rangkum Universitas swasta terfavorit di Kota Bandung:

  1. Telkom University

Foto : Telkom University

Telkom University menjadi kampus swasta favorit di Bandung. Jika kamu ingin kuliah di bidang IT (Information Technology) di Kota Bandung, Telkom University bisa menjadi pilihannya.

Kampus ini punya 7 fakultas dengan 38 prodi mulai dari jenjang Diploma sampai Doktoral. Jadi tak heran kampus ini menjadi salah satu kampus swasta favorit di Bandung.

2. Universitas Katolik Parahyangan

Foto : Universitas Katolik Parahyangan

Kampus swasta favorit di Bandung selanjutnya yakni Universitas Katolik Parahyangan. Universitas ini berdiri pada tahun 1955 yang awalnya bernama Akademi Perniagaan. Nama yang sampai sekarang dipakai, resmi berubah pada 1961 silam.

Sobat bisa juga memilih salah satu program studi dari 7 fakultas yang ada di kampus ini.

3. Masoem University

Foto : Masoem University

Selanjutnya, ada Masoem University, sebagai kampus swasta terfavorit di Kota Bandung. Sobat perlu tahu, Masoem University berdiri pada tahun 1986 yang beralamat di jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor.

Pendirinya, H. Masoem merupakan seorang pengusaha dan pendidik di kota Bandung. Hadirnya Masoem University juga menjadi salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut juga karena perkembangan wilayah di Bandung Timur dan Jatinangor sebagai daerah industri, pendidikan dan pemukiman.

Masoem University mempunya 4 fakultas dengan 9 prodi didalamnya, dari jenjang D3 sampai S1. Empat fakultas tersebut yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Komputer, Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Di kampus ini, juga terdapat pesantren mahasiswa, yang menyediakan akomodasi berupa asrama bagi para calon mahasiswa Masoem University. Maka tak heran, jika kampus ini menjadi salah satu yang favorit di Kota Bandung.

4. Universitas Islam Bandung (Unisba)

Foto : Universitas Islam Bandung

Unisba berdiri secara resmi pada 1967. Kehadiran Unisba bermaksud untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat, khususnya akan adanya perguruan tinggi bernafaskan Islam.

Tedapat Fakultas Syariah, Dakwah, Tarbiyah dan Keguruan, Hukum, Psikologi, MIPA, Teknik, Ilmu Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis, dan Kedokteran di kampus ini.

5. Universitas Pasundan

Foto : Universitas Pasundan

Selanjutnya ada Universitas Pasundan (Unpas). Kampus swasta ini, sudah berdiri sejak tahun 1960.

Sampai saat ini, Unpas punya 6 fakultas yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Seni dan Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum serta Fakultas Teknik.

6. Universitas Islam Nusantara (UNINUS)

Foto : Universitas Islam Nusantara

Pada awal berdirinya, kampus ini bernama Universitas Nahdlatul Ulama di Kota Bandung, pada 1959. Lalu 10 tahun kemudian, resmi berubah nama menjadi Universitas Islam Nusantara pada tahun 1969.

UNINUS juga merupakan salah satu perguruan tinggi Islam swasta tertua & bersejarah di Jawa Barat.

Terdapat 7 fakultas di dalamnya yakni, Fakultas Teknik, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi serta Fakultas Pertanian.

7. Universitas Komputer Indonesia

Foto : Universitas Komputer Indonesia

Lalu ada Universitas Komputer Indonesia, sebagai salah satu kampus favorit di Kota Bandung. Kamu ingin kuliah dengan mendalami bidang komputer, bisa di kampus ini.

Kampus yang terkenal dengan sebutan UNIKOM ini, resmi berdiri pada tahun 2000, telah membuka 6 fakultas dengan 23 prodi.

8. Politeknok Pos Indonesia

Foto : Politeknik Pos Indonesia

Satu lagi kampus swasta di Bandung dari perusahaan BUMN, Politeknik Pos Indonesia. Kampus ini hadir sebagai sarana pendidikan vokasional di bidang logistik dan manajemen rantai pasok.

Di Poltekpos terdapat jurusan untuk jenjang D3 dan D4. Antara lain jurusan Logistik Bisnis, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Akuntansi, Pemasaran, Teknik Informatika, Manajemen Bisnis dan E-Commerce Logistic.

9. STMIK Likmi

Foto : STMIK Likmi

Di urutan selanjutnya ada STMIK Likmi, yang merupakan salah satu kampus swasta favorit di Kota Bandung. Kampus ini berdiri pada tahun 1985.

Saat ini terdapat program studi S1 Sistem Informasi dan Teknik Informatika dan D3 Manajemen Informatika.

10. Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)

Foto : Universitas Harapan Bangsa

ITHB belum lama berdiri, baru sekitar tahun 2002. Namun, kampus swasta ini membuka banyak jurusan antara lain, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Industri, Manajemen Rantai Pasok, Desain Komunikasi Visual, Fashion Apparel Design, Akuntansi, Online Business, dan Manajemen.

11. Sekolah Tinggi Teknologi Mandala

Foto : STT Mandala

Berdiri sebagai Akademi Teknik Mesin, PTS di Bandung ini telah menjadi sebuah sekolah tinggi pada 1987.

Sebagai sekolah tinggi, kampus swasta di Bandung ini sekarang telah membuka Program S1 dan D3 Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika.

Baca Juga : 5 Kampus di Indonesia Pencetak Startup Sukses

Nah, sobat milenia yang berencana berkuliah di Bandung, bisa menjadikan kampus-kampus swasta di atas, sebagai referensinya.

Kampus swasta favorit di Kota Bandung tadi, juga bisa menentukan kehidupan sobat setelah lulus. Jadi biasakan untuk tahu informasi kampus yang akan sobat tuju ya.(Rifqi Firdaus)

 

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here