Bahaya! Ancaman Narkoba Bagi Kaum Muda

Bahaya! Ancaman Narkoba Bagi Kaum Muda

MileniaNews.com, Jakarta – Narkoba sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia dan menjadi ancaman terbesar kaum muda. Apalagi, penyimpangan yang sering terjadi pada usia muda dapat membahayakan ketahanan negara ini di masa yang akan datang.

Narkoba adalah obat-obatan terlarang yang sebenarnya bermanfaat dalam dunia medis. Namun banyak orang yang sering menyalahgunakan obat-obatan tersebut dengan tujuan tertentu. 

Saat ini penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau narkoba makin marak. Survei Prevalensi Badan Narkotika Nasional menyebutkan penggunaan narkoba di Indonesia pada tahun 2021 di meningkat 0,15%. Sedangkan, masyarakat yang paling rawan penyalahgunaan narkoba dan mempunyai ancaman tinggi yakni pada rentang usia 15-35 tahun.

Baca Juga : Hasil Penggerebekan Kampung Bahari : Ironis! Banyak Anak Muda Terjerumus Bisnis Narkoba

Ada banyak ancaman bahaya narkoba bagi kesehatan, karena penyalahgunaan narkoba memiliki efek jangka panjang. Berikut bahaya narkoba bagi kesehatan, mengutip dari KataData.co.id :

  • Menurunkan Tingkat Kesadaran

Orang yang menyalahgunakan obat-obatan dalam dosis berlebih akan menimbulkan efek hilangnya kesadaran. Hal tersebut membuat koordinasi tubuh terganggu, bahkan terjadi perubahan perilaku.

  • Gangguan Kualitas Hidup

Penggunaan narkoba juga dapat mempengaruhi kualitas hidup seperti hilang konsentrasi, hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian.

  • Halusinasi

Penyalahgunaan obat terlarang lainnya mempunyai efek mual, gangguan kecemasan. Tak hanya itu, bahaya yang akan timbul yakni depresi, gangguan mental, dan kecemasan terus menerus.

  • Dehidrasi

Bahaya penyalahgunaan narkoba lainnya yakni dehidrasi. Jika efek ini terjadi, maka akan muncul halusinasi, kejang-kejang, dan dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

  • Kematian

Dampak yang paling buruk penyalahgunaan narkoba adalah kematian. Pemakai menggunakan obat-obatan dengan dosis tinggi akan fatal dan nyawa akan menjadi taruhannya.

Baca Juga : Maba Universitas BSI Deklarasikan Anti-narkoba dan Anti-perundungan

Faktor yang Mempengaruhi Anak Muda Terhindar dari Ancaman Narkoba

Ada banyak faktor yang dapat menjadikan anak muda terhindar dari ancaman narkoba. Namun, terdapat 2 hal yang paling penting agar kaum muda dapat bebas dari penyalahgunaan narkoba. Simak penjelasannya.

Peran orang tua

Dukungan dari lingkungan terdekat yakni orang tua sangat penting agar terhindar dari narkoba. Orang tua dapat melakukan diskusi dan memberikan pemahaman terkait bahaya narkoba. 

Menurut psikolog Myrna Anissaniwaty, remaja yang mendapat dukungan orang tua tanpa judgement, kaum muda akan mudah mengambil keputusan yang positif.

Pendidikan adalah kunci pembentukan generasi anti narkoba

Pendidikan membantu mengoptimalkan potensi diri. Selain itu, pendidikan juga dapat membuat kaum muda dapat mengolah emosi dengan matang.

Nah, apakah sobat sudah menyimak penjelasan di atas? narkoba merupakan musuh kita, maka jauhilah untuk menyelamatkan kaum muda penerus bangsa.

Reporter 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *