Loka Manya dan Vina Panduwinata

Milenianews.com, Jakarta – Loka Manya Prawiro adalah seorang Sarjana Business Administration lulusan dari Pepperdine University, California, AS. Berangkat dari hobinya dalam bermain musik, Loka menjadikan media ini sebagai sarana untuk bercerita.

Ia telah menciptakan banyak lagu yang berdasarkan dari rasa emosional hatinya. Bahkan ia juga telah punya album, dengan album terakhir yang ia rilis adalah “Aku Makin Cinta”, tahun 1961 silam. Lagu “Aku Makin Cinta” tersebut dipopulerkan oleh solois ternama asal Indonesia yaitu Vina Panduwinata.

ADOP

Baca Juga : Voice of Baceprot, Bersiap Adakan Tur Eropa 2021 Mereka

Kini mereka kembali berkolaborasi Bersama, di lagu yang berjudul “Perpisahan”. Lagu ini menjadi pembuka bagi Loka untuk kembali menyalurkan hobinya dalam bermusik.

Sesuai dengan judulnya, lagu ini merupakan kisah nyata tentang kesedihannya atas kepergian sosok ibunda tercinta.

Loka Manya Prawiro dan Vina Panduwinata memang memiliki kedekatan hubungan keluarga sebagai sepupu. Kedekatan mereka sejak masih kecil dengan mengawali band pertamanya pada umur 9 tahun.

Menurut Loka, Vina adalah musisi yang paling layak membawakan lagu “Perpisahan” ini. Karena penyanyi legendaris tersebut memang sangat dekat dengan sang ibu.

“Lagu Perpisahan ini saya composed untuk mengenang ibu saya tercinta yang sudah pergi menghadap Tuhan pada tanggal 18 November 2018 lalu. Suatu perpisahan yang sangat berat karena beliau adalah belahan jiwa saya. Seluruh hidup Vina pun dilalui bersama Ibu saya. Untuk lagu perpisahan yang begitu dalam artinya buat ibu kita, hanya Vina yang layak membawakannya karena Vina merasakan kesedihan yang sama,” ucap Loka.

Loka Manya inginkan Vina Panduwinata untuk menyanyikan lagu Perpisahan, karena cukup dekat dengan sang Ibu

Sementara itu, Vina merasakan perasaan sedih yang Loka alami dalam lagu tersebut.

“Waktu itu Loka minta aku datang ke rumahnya dan suruh denger lagu ciptaaannya untuk mamanya. Ia minta aku yang menyanyikan lagu itu. Saat dengar lagu itu, wow dalam banget artinya lagu ini dan aku lihat dengan mata kepala sendiri pada diri Loka ada kesedihan yang sangat mendalam atas kehilangan ibunya. Aku merasa kesedihan itu benar-benar tertuang dalam lagu ini. Dan aku juga turut merasakan karena Mamanya Loka adalah tante aku,” tambah Vina.

Selain Vina Panduwinata, pembuatan lagu “Perpisahan” juga melibatkan Aminoto Kosin yang berperan sebagai produser dan music arranger, Rayendra Sunito sebagai drummer, Jamie Wilson sebagai guitarist, dan Budapest Scoring Orchestra.

Baca Juga : Seruan Dylan Pearce Untuk Mewujudkan Visi Kita Melalui, ‘Visions’

Vina mengatakan, saat rekaman lagu ini, sempat ada kendala karena kondisi suaranya yang sedang serak. Vina sempat meminta mengulang rekaman vokalnya tapi Loka dan Aminoto menolak.

“Iya, saat itu saya sempat minta ulang rekaman vokalnya karena suara saya sedang serak. Ternyata mereka menolak saat itu, menurut mereka suara serak saya itu tidak mengganggu sama sekali. Malah memberikan ekspresi dan membangun suasana yang tepat untuk lagu ini,” ungkap Vina Panduwinata tentang proses rekamannya.(Rifqi Firdaus)

15 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here