Transjakarta Terapkan ‘Social Distancing’ dan Kurangi Rute Untuk Minimalisir Penyebaran Corona

()

Milenianews.com, Jakarta – Pandemi virus corona sudah sangat diwaspadai di Indonesia, setelah masuk ke Indonesia, banyak langkah dan kebijakan yang diterapkan. Salah satunya dari Transjakartaa, sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. Transjakarta juga mulai menerapkan social distancing untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

Social Distancing adalah pembatasan interaksi antar warga (Mengurangi perjumpaan, menghindari kontak fisik, menjauhi tempat-tempat berkumpul orang banyak). Social distancing yang berlaku di Transjakarta untuk memberikan jarak antar individu sejauh 1 atau 2 meter dalam area publik.

Untuk di halte, Transjakarta memberikan marka dimana pelanggan harus berdiri dengan jarak yang sudah diatur untuk minimalisir penyebaran corona. Untuk di Bus, pelanggan akan dilakukan pengaturan jarak duduk sehingga meminimalisasi interaksi fisik antar pelanggan. Petugas halte dan petugas keamanan akan membantu pengaturan duduk di dalam bus dan diharapkan pelanggan dapat ikut seperti arahan yang ditentukan untuk kesehatan dan kenyamanan pelanggan.

Selain memberlakukan social distancing, Transjakarta juga hanya mengoperasikan 13 rute hingga 30 Maret 2020 mendatang. Melalui website resminya, Transjakarta mengumumkan pada Minggu(15/3), mulai hari ini, senin(16/3) hingga 30 Maret 2020 layanan Transjakarta hanya beroperasi di 13 rute. Diberlakukan juga headway 20 menit dengan waktu operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Ini berarti seluruh layanan non koridor (Non BRT), Royaltrans dan Mikrotrans akan di tiadakan.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Corona, Tradisi Jabat Tangan di Wisuda STMIK Nusa Mandiri Ditiadakan

Langkah yang diambil merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan yang mengumumkan perihal pembatasan layanan angkutan umum di DKI Jakarta secara ekstrem untuk mengurangi potensi penularan COVID 19.

Tidak hanya pembatasan koridor dan rute, Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte dan mengharapkan kesabaran pelanggan untuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan. Lebih jauh Transjakarta melipatgandakan sanitasi halte dan bus dengan melakukan pencucian bus dan interiornya lebih sering. Serta melakukan pembersihan seluruh interior halte dengan interval yang lebih sering juga pemasangan seluruh hand sanitizer di bus dan memastikan ketersediaan isi ulangnya di halte dan bus.

Rute Transjakarta yang Beroprasi 16-30 Maret 2020

Transjakarta Cegah Corona
Sumber : Instagram @pt_transjakarta

 

Berikut adalah nomor bus, tujuan dan rute yang beroperasi mulai tanggal 16 hingga 30 maret 2020 :
1 BLOK M – KOTA
2 PULO GADUNG 1 – HARMONI
3 KALIDERES – PASAR BARU
4 PULO GADUNG 2 – TOSARI
5 KAMPUNG MELAYU – ANCOL
6 RAGUNAN – HALIMUN
7 KAMPUNG RAMBUTAN – KAMPUNG MELAYU
8 LEBAK BULUS – HARMONI
9 PINANG RANTI – PLUIT
10 PGC 2 – TANJUNG PRIOK
11 KAMPUNG MELAYU – PULO GEBANG
12 PENJARINGAN – SUNTER BOULEVARD BARAT
13A PURI BETA – BLOK M

Suka Artikel ini ?

Tentukan Bintangnya !

Terima Kasih sudah Menilai Artikel ini

Jadilah yang Pertama untuk menilai Artikel ini

Jika kamu merasa Artikel ini bermanfaat untukmu,

Dukung melalui Media Sosial kami

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat untukmu,

Bantu kami untuk memperbaikinya !

Berikan komentar atau hubungi kami melalui Kontak.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x