Beranda Pendidikan Mau Kuliah di Amerika? Berikut 9 Tempat Universitas terbaik di AS Lengkap...

Mau Kuliah di Amerika? Berikut 9 Tempat Universitas terbaik di AS Lengkap dengan Biayanya

Milenianews.com, Jakarta – Banyak orang yang ingin mengenyam kuliah di negara maju, seperti di Amerika Serikat. Bahkan banyak dari kalangan pejabat maupun pengusaha Indonesia, lulusan dari berbagai universitas di Amerika Serikat.

Mungkin, belajar di perguruan tinggi di AS salah satunya bisa menunjang karir mereka. Lantas, dimana saja universitas terbaik di Amerika Serikat?.

Baca Juga : Ingin Kuliah S2? Ikuti Acara OHMIK STMIK Nusa Mandiri

Majalah berita US News and World Report, menerbitkan daftar 9 negara bagian dengan mutu pendidikan dan lingkungan terbaik untuk belajar.

Berikut 9 universitas terbaik di AS dikutip Voa Indonesia :

1. Negara Bagian Utah


Foto : Cryptoiz

Utah merupakan negara bagian AS yang terletak di Barat Amerika dengan jumlah penduduk 3,1 juta orang. Sekitar 44 % dari mereka adalah lulusan universitas.

Ibukotanya adalah Salt Lake City yang dikenal dengan danau air asin terbesarnya bernama Salt Lake. Mayoritas penduduk disini adalah kelompok Kristen Mormon.

Untuk biaya kuliah di Utah sendiri, berkisar USD 6.334 setara 86 jutaan per tahun.

2. Negara bagian Lowa


Foto : Pexels

Wilayah yang terletak di barat-tengah Amerika ini, memiliki jumlah penduduk sekitar 3 juta orang. Sebanyak 41% warganya tamatan perguruan tinggi.

Lowa terkenal dengan industri pertaniannya. Lowa penghasil daging babi paling besar di AS, disusul daging sapi dan daging ayam. Kuliahnya USD 8.361 setara 113 jutaan rupiah per tahun.

3. Negara bagian Vermont

Foto : DetikTravel

Wilayah yang terletak di pantai timur Amerika ini, sebanyak 623 ribu orangnya merupakan tamatan universitas. Biaya kuliah di sini USD 32.443 setara  440 jutaan rupiah per tahun.

4. Negara bagian Virginia


Foto : News & Tips

Sebanyak 8,4 juta penduduknya punya gelar sarjana. Virginia terkenal sebagai tempat permukiman pertama orang-orang Inggris yang tiba di benua Amerika tahun 1607. Biaya kuliah disini sebesar USD 12.126 setara 164 jutaan rupiah per tahunnya.

5. Negara bagian Nebraska

 


Foto : Pixabay.com

Letak wilayahnya ada di Bagian Tengah Amerika. Jumlah penduduk disana mencapai 1,9 juta orang. Sebanyak 42% nya punya gelar ijasah universitas.

Terkenal karena peternakan sapi dan penghasil jagung yang besar. Salah seorang paling kaya di Amerika, Warren Buffet berasal dari kota Omaha.

6. Negara bagian New Hampshire


Foto : Booking.com

 

Di urutan ke-6 ada negara bagian New Hampshire yang terletak di wilayah Timur Laut Amerika. Sebanyak 47,2 % penduduknya berjumlah 1,3 juta orang berijasah universitas.

Biaya kuliah disni sebesar USD 15.491 setara 210 jutaan rupiah. New Hampshire adalah salah satu negara bagian terkecil di Amerika dan terkenal sebagai negara bagian pertama yang mengadakan pemilihan presiden Amerika tiap empat tahun.

7. Negara bagian Washington


Foto : TUN.com

Wilayahnya terletak di Barat Laut Amerika yang berbarasan dengan negara bagian British Columbia di Kanada. Di wilayah ini terdapat perusahaan antariksa Boeing.

Warung kopi Starbucks juga lahir disini. Sebanyak 70% apel yang dimakan masyarakat AS dihasilkan di tempat ini. Biaya kuliahnya sebesar USD 6.900 setara 93 jutaan per tahun.

8. Negara bagian New Jersey


Foto : Wikipedia

Letaknya berada di pantai timur Amerika. Wilayah ini berpenduduk sebanyak 9 juta orang. New Jersey terkenal dengan universitasnya yang bergengsi dan pusat perusahaan teknologi dan biologi.

Lebih dari 5000 perusahaan informasi dan teknologi berkantor disini. Biaya kuliah disini sebesar USD 13.297 setara 180 jutaan rupiah per tahun.

9. Negara bagian Massachusetts


Foto : Kaskus

Negara bagian yang terletak di Pantai Timur Amerika ini, biaya kuliahnya sekitar USD12.331 setara 160 jutaan rupiah per tahun. 

Jumlah penduduknya mencapai 6,8 juta orang dengan 51 persen nya memiliki ijazah diploma universitas. Di Massachusetts sendiri, merupakan wilayah industri pendidikan dan layanan kesehatan terbesar di Amerika.

Baca Juga : Jadi Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Jangan Minder

Jadi, bagi kalian sobat milenia, yang ingin mengenyam pendidikan di AS, ada baiknya cari-cari dulu informasi seputar kampus yang akan dimasuki. Terlebih dari segi biaya dan lingkungannya seperti apa. Semoga informasi ini dapat membantu. (Ikok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...