Lomba-lomba 17’an ini Ternyata Memberi Manfaat Positif Bagi Perilaku Anak, Apa Saja?

Lomba 17 Agustusan

Milenianews.com, Jakarta – Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74. Berbagai macam perlombaan mewarnai perayaan tersebut.

Terlebih perayaan 17 Agustus juga menumbuhkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Banyak anak-anak yang sangat semangat mengikuti perlombaan tersebut. Begitu juga orang dewasa.

Faktanya, perlombaan yang digelar tak hanya sebagai hiburan masayarakat saja, namun ada nilai edukasi yang memberikan sikap dan perilaku positif bagi sang anak.

Baca Juga : Makanan Khas Saat Perayaan Kemerdekaan Indonesia

Berikut 7 permainan yang beri manfaat edukatif bagi anak dikutip Tribunnews, Senin (12/08)  :

Lomba Balap Karung

 

Permainan ini mengharuskan sang anak memakai sarung dengan keleluasaan gerak yang terbatas. Pelajaran yang didapatkan adalah bagaimana sang anak bisa mencapai tujuannya (garis finis) dengan kondisi terbatas. Selain itu nilai kejujuran dan ketekunan juga didapat saat mereka harus melompat-lompat untuk menuju garis finis.

Lomba Tarik Tambang

Dalam lomba ini, sang anak akan didajarkan bagaimana cara kerja team work, semangat gotong royong juga tentang solidaritas antar teman. Karena kunci kemenangan permainan ini adalah kerjasama dan kekompakkan.

Lomba Menghias Sepeda

Lomba menghias sepeda mampu mengeksplorasi kreativitas sang anak. Mereka juga akan dapat pelajaran dari kerjasama tim dan pembagian tugas.

Lomba Balap Kelereng

Dalam lomba ini diharuskan menjaga kelereng yang ditaroh di sendok yang digigit dimulut agar tidak jatuh. Mereka akan mendapatkan pengalaman nyata bagaimana mempertahankan kelereng agar tidak jatuh. Hal tersebut melatih kesabaran.

Lomba Bakiak

Sama hal nya lomba tarik tambang, lomba ini juga mengajarkan kerjasama. Selain itu dapat belajar untuk berkomunikasi dalam kelompok, memberi atau mengikuti arahan, dan saling bahu-membahu untuk mencapai tujuan bersama.

Lomba Makan Kerupuk

Lomba ini perlu konsentrasi penuih agar bisa makan habis kerupuk tepat waktu. Makanya, lomba ini melatih fokus, keseimbangan dan kesabaran sang anak.

Beberapa permainan diatas bisa memberikan nilai positif bagi tumbuh kembang sang anak. Ingat juga beritahu mereka bahwa dalam pertandingan kalah menang itu biasa, yang lebih penting adalah sportivitas dalam pertandingan. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *