News  

STNK akan Berbentuk Kartu pada 2021, Bisa untuk Bayar Tol dan Parkir

Kartu STNK Dikeluarkan 2021

Milenianews.com, Jakarta – Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dicanangkan akan berbentuk kartu yang mulai diberlakukan pada 2021. Direktur Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigjen Halim Pagarra mengatakan, Polri sudah mengkajinya dengan beberapa lembaga.

Korlantas Polri akan membahas dan mengkaji bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. Selain itu juga akan dilakukan sosialisasi ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di berbagai daerah.

Baca Juga : Seorang Ustaz di Pasuruan Dibacok saat sedang Mengaji

Bisa untuk Bayar Tol

Bayar Tol Pake KartuSumber : Republika 

Nantinya, kartu tersebut akan dilengkapi dengan chip untuk menyimpan data pribadi secara digital. “Sekarang kan zamannya sudah digital, jadi kita menyesuaikan dengan pelayanan masyarakat bentuk digital,” kata Halim, dikutip WartaEkonomi, Senin (4/11).

Halim menyebut, salah satu yang dikaji perihal chip yang dipasang pada STNK akan dikonsep bisa digunakan sebagai alat pembayaran tol, parkir dan sebagainya.

Kartu STNK juga bisa digunakan untuk membayar pajak kendaraan, hal tersebut akan memudahkan pemilik kendaran.

“Yang dikaji salah satunya adalah penggunaan cip yang akan ditempatkan pada kartu STNK,” ujar Halim.

Kartu STNK sangat Aman

Ia juga menyebut, STNK berbentuk kartu merupakan hasil improvisasi Kepolisian dalam penyimpanan data kendaraan. Dalam bentuk kartu, juga akan tahan dari cuaca dan bebas dari lipatan.

” STNK berupa kartu juga lebih efisien, mudah disimpan, plus tidak gampang rusak,” paparnya.

Sebenarnya, STNK berbentuk kartu sudah diberlakukan diberbagai negara di dunia. Negara tersebut yakni, Finlandia, Bulgaria, Ukraina dan Belanda.

Baca Juga : Seorang Mahasiswa di Ternate jadi Korban Pemerkosaan oleh Sopir Angkot

Kartu STNK ini akan sangat aman dan tidak akan mudah ditiru karena punya karakteristik khusus, dengan kemanan yang terjaga. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *