Menyelami Kebaikan dalam Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

kebaikan shalat tarawih
Sumber gambar: pinterest

Milenianews.com – Membahas seputar kebaikan shalat tarawih di bulan ramadhan. Seperti yang kita ketahui sebagai umat muslim, shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya bisa kita lakukan di bulan suci Ramadhan. Selain itu, shalat sunnah ini pun merupakan shalat yang hanya bisa kita lakukan setelah shalat Isya.

Shalat sunnah yang umumnya kita lakukan sebanyak 8 rakaat atau 20 rakaat dengan tambahan 3 rakaat shalat witir ini, memiliki keutamaan dan kebaikan yang sangat besar. Untuk itu, shalat tarawih termasuk kedalam sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Apa saja yang mendasarinya? Yuk, kita jelajahi lebih dalam tentang makna, tradisi, dan kebaikan spiritual dari shalat trawih yang telah Mile rangkum dari beberapa sumber di bawah ini!

Baca juga: 10 Tips Jalani I’tikaf di Bulan Ramadhan dengan Khusyuk

Di balik kebaikan shalat tarawih di bulan Ramadhan

1. Makna dan arti

Shalat tarawih berasal dari kata ‘tarwihah’ yang dalam bahasa Arab memiliki arti ‘istirahat’. Hal ini disebut karena umat Islam melakukan shalat ini dengan istirahat di antara rakaat-rakaatnya. Shalat tarawih dimulai setelah shalat Isya dan dianjurkan dilakukan secara berjamaah di masjid. Namun, dengan beberapa alasan seperti berhalangan (uzur), maka boleh untuk melakukan shalat tarawih sendiri (munfarid) di rumah.

2. Tradisi dan amalan

Tradisi shalat tarawih telah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan terus dilestarikan oleh umat Islam hingga saat ini. Biasanya, selama bulan Ramadhan, para jamaah berkumpul di masjid untuk melakukan shalat tarawih bersama. Selama shalat, bagian-bagian Al-Quran dibaca secara berurutan mulai dari surat At-Takasur (102) sampai Al-Lahab (111) dan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, biasanya dibaca pada saat salat witir.

3. Keutamaan dan kebaikan

Shalat tarawih memiliki banyak keutamaan dan kebaikan spiritual. Salah satunya adalah sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan ibadah dan kebersamaan dengan sesama muslim. Shalat tarawih juga memberikan kesempatan untuk merefleksikan dan memperdalam pemahaman terhadap Al-Quran karena ayat-ayatnya dibaca secara berurutan selama bulan Ramadhan.

4. Mempererat silaturahmi

Shalat tarawih juga memberikan kesempatan untuk mempererat ikatan sosial dan koneksi dengan umat Muslim. Dengan berkumpul di masjid setiap malam, umat Islam dapat saling mendukung, berbagi pengalaman, dan mempererat hubungan antar sesama.

5. Meningkatkan konsentrasi dan ketekunan

Shalat tarawih juga merupakan latihan bagi umat Islam untuk meningkatkan konsentrasi dan ketekunan dalam beribadah. Shalat malam ini, yang sering kali berlangsung cukup lama, mengajarkan kita untuk memfokuskan pikiran dan menjaga kesabaran serta ketekunan dalam menjalankan ibadah.

Baca juga: Selain Puasa, 5 Amalan Ini Bisa Datangkan Banyak Pahala Ramadhan

Adapun niat shalat tarawih seperti berikut:

 

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَال

“Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’muman lillahi ta’ala”.

Shalat tarawih bukan hanya sekadar ibadah, tetapi juga merupakan sarana untuk meningkatkan spiritualitas, meningkatkan koneksi dengan Allah SWT, dan memperkuat ikatan sosial dalam komunitas muslim. Selama bulan Ramadhan, mari manfaatkan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperdalam pemahaman terhadap agama Islam.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *