Kemenkes Kirimkan Alat Kesehatan ke Tiga Rumah Sakit

Milenianews.com, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengirimkan bantuan sejumlah alat kesehatan (alkes) ke RSUD Soetomo, RSUD Haji, dan RS Universitas Airlangga Surabaya, pada Sabtu (13/1) lalu. Bantuan tersebut membantu meningkatkan pelayanan kesehatan di tiga Rumah Sakit tersebut.

“Saya mau memastikan semua bantuan alat kesehatan telah digunakan, dan semoga dapat membantu pelayanan kesehatan di Surabaya,” ujar Menkes Budi, dalam konferensi pers, Sabtu (13/1) silam.

Baca juga: Apotek Lestari Gandeng Laznas BMH Salurkan Program Kesehatan dan Sosial Kemanusiaan

Spesialis Onkologi Radiasi RSUD Dr. Soetomo, dr. Dyah Erawati Sp. Rad (K) Onk. Rad. mengatakan, bantuan dari Kemenkes telah mengurai antrean pasien yang akan mendapatkan radiasi.

“Kami sangat berterima kasih dengan bantuan dari Kemenkes telah mengurai antrean pasien untuk mendapatkan radiasi,” ucap dr. Dyah.

Kemenkes berikan berbagai alat kesehatan

Selain alat radiasi, Kemenkes juga mengirimkan alat kesehatan lainnya. Alat tersebut berupa akselerator linier atau linear accelerator (LINAC) untuk pengobatan kanker, mesin pintas jantung paru, set peralatan endourologi, ablasi laser atau laser for ablation, serta set peralatan fetal therapy dan surgery, USG fetomaternal high end, USG guiding fetal therapy/fetoscopy, non-stress test (NST), central NST, dan USG mobile bayi dan anak.

Untuk RSUD Haji Surabaya, Kemenkes mengirimkan alat kesehatan berupa set endourologi. Alat-alat tersebut terdiri atas monitor system, adult lower tract set, bipolar system, URS, adult PCNL, dan swiss lithoclast.

Dokter di RSUD Haji dr. Ahmad Nadhir, Sp.U mengatakan bantuan alkes dari Kemenkes membantu meningkatkan jumlah operasi setiap harinya.

Selain itu, juga mempercepat perputaran pasien, bantuan alat dari Kemenkes melancarkan pasien yang akan melakukan operasi urologi. Sebab, keberadaannya lebih banyak alat membuat waktu sterilisasi lebih cepat.

Baca juga: Digitalisasi Jadi Target Kemenkes Perbaiki Layanan Kesehatan

Ia menambahkan, saat ini RSUD Haji memiliki tidak hanya satu set tetapi dua set endourologi. “Alat ini melengkapi kebutuhan yang ada di urologi sehingga merupakan salah satu unggulan di bidang kita (urologi),” ucap dr. Ahmad.

Melalui bantuan ini, ia berharap ada bantuan alkes lainnya. Salah satunya untuk tindakan pemecahan batu ginjal dengan gelombang kejut tanpa luka operasi (ESWL).

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *