Event, News  

LSBPI MUI Umumkan Pemenang Sayembara Menulis Skenario Film Pendek

LSBPI mui pusat

Milenianews.com, Jakarta – Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) Majelis Ulama Indonesia (MUI) umumkan pemenang sayembara menulis skenario film pendek islami. Bertempat di kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (5/12), kegiatan ini berlangsung secara hybrid.

Kegiatan sayembara film pendek tersebut, diikuti 270 peserta dengan kategori umum dan 204 peserta dari kalangan, serta 66 peserta dari kalangan pelajar. Peserta sayembara berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga : Ratusan Peserta Ikuti Lomba Menulis Skenario Film Pendek LSBPI MUI

Penilaian karya dinilai melalui dua tahap. Tahap pertama oleh Zul Ardiah (Sutradara), Irfan Hidayatullah (Dosen UNPAD), dan Irwan Kelana (Wartawan dan Penulis).

Lalu penilaian final, oleh Helvy Tiana Rosa (Penulis, Dosen UNJ, dan Produser film), dani Sapawie (Produser film), dan Habiburrahman El-Shirazy (Penulis dan Ketua LSBPI MUI).

Helvy Tiara Rosa selaku juri mengaku senang melihat kreativitas para peserta yang bisa menghasilkan karya yang variatif. “Karya para pemenang sangat berkualitas, unik, menarik, berpotensi menjadi tontonan yang juga tuntunan,” kata Helvy.

“Event seperti ini harus rutin digelar oleh LSBPI MUI untuk turut mewarnai dunia perfilman nasional, khususnya film islami,” tambah Helvy.

Pemenang sayembara film pendek islami MUI Pusat

Karya yang menjadi pemenang dalam kategori umum dan mahasiswa yaitu “Menjenguk Engku Lahi” karya Aidar Radar (Ambon), “Cita-cita Eliyah” karya Ahmad Ijazi Hasbullah (Pekanbaru), dan “Aku, Kamu dan Cerita-cerita Tentang Ayahmu” karya Hendra Purnama (Bandung).

Sedangkan pemenang dari kategori pelajar yaitu “Gobak Sodor” karya Gresti Dwi Vanya (Cianjur). “Rahasia Syifa” karya Arinal Hikmah (Jepara), dan “Kebenaran Yang Disalahkan” karya Ahmad Ivan Abid Nugroho (Jepara).

Sayembara ini diselenggarakan untuk mengedukasi anak muda muslim, dalam menciptakan karya seni islam berkualitas.

Selain itu, sayembara penulisan skenario film pendek islam juga bertujuan untuk mengasah daya cipta para seniman dan anak muda muslim dalam melahirkan film-film berkualitas.

Habiburrahman EL Shirazy, selaku Ketua LSBPI MUI mengatakan, sayembara menulis skenario film pendek islam mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat. Banyak sekali peserta yang daftar, sampai ratusan naskah. “Ini menunjukkan bahwa pertama, MUI ada di hati masyarakat,” tuturnya.

“Banyak seniman dan anak muda yang kreatif dan memerlukan kanal-kanal untuk menampung hasil kreativitas mereka. Ini semua membuat kita optimis dan bisa berharap bahwa ke depan, kesenian, khususnya seni film yang berkembang di Indonesia Insya Allah adalah karya seni yang berkualitas dan bergizi,” tambahnya.

Habiburrahman atau sapaan akrabnya Kang Abik menambahkan, akan ada kelanjutan karya dari para pemenang yang bisa di eksekusi menjadi film pendek.

Baca juga : Bicara Seni Budaya Islam, Wakil Ketua Umum MUI : Segera Adakan Festival Islamiyah

“Saya berharap, tapi tidak menjanjikan ya, bahwa diantara karya pemenang ada yang bisa di eksekusi jadi film pendek. Nanti kita pikirkan bersama kerja sama dengan pihak yang tertarik,” ujarnya.(Nikita Earlene Salsabila)

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *