Kacamata untuk Tunarungu, Bisa Ubah Obrolan Jadi Subtitle!

Kacamata XRAI Glass
Kacamata Tunarungu (Kredit: XRAI Glass)

Milenianews.com, Jakarta – Bagaimana jadinya jika suara lawan bicara bisa dilihat dari kacamata? Teknologi revolusioner ini dapat memungkinkan sebuah kacamata untuk memberikan subtitle pada percakapan sehari-hari.

Hal ini tentunya sangat membantu orang-orang dengan masalah pendengaran untuk memudahkan mereka dalam berkomunikasi.

Baca juga : Google Akan Uji Coba Kacamata AR Agustus 2022 Mendatang

Perusahan bernama XRAI Glass mengembangkan kacamata yang dapat mengambil audio dari mikrofon internal.

Audio tersebut kemudian di ubah menjadi teks yang diproyeksikan pada lensa untuk pemakainya. Hal tersebut secara efektif memungkinkan mereka membaca percakapan secara real time.

Seperti melansir dari Yahoo!News, CEO XRAI Glass, Dan Scarfe, mengatakan bahwa penemuan ini terinspirasi dari kakeknya yang tunarungu yang selalu kesulitan mengikuti percakapan selama pertemuan keluarga.

“Suatu ketika ada momen pencerahan kecil di mana saya berpikir, ‘Tunggu sebentar. Ia menonton TV sepanjang waktu dengan subtitle. Mengapa kita tidak bisa membuat subtitle untuk dunia nyata?’,” pikirnya.

Brand XRAI Glass berteknologi terbaru, menggunakan kacamata augmented reality (AR) biasa yang di sinkronkan ke aplikasi smartphone dengan perangkat lunak bertenaga AI.

Baca juga: Trend Efek Anime Pada TikTok Pake AI, Apa Itu AI?

Belum kompatibel dengan iPhone tapi Android sudah

Software ini memiliki potensi pemanfaatan untuk hampir semua orang. Hal ini karena dapat memberi penggunanya asisten pribadi jenis baru yang mengingat apa yang telah mereka lupakan dengan mengulang kembali obrolan.

Aplikasi XRAI Glass
Aplikasi XRAI Glass yang dihubungkan ke kacamata (Kredit: XRAI Glass)

Saat ini, bahasa yang tersedia untuk diterjemahkan antara lain Inggris, Cina, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Portugis, dan Spanyol.

Saat ini, hanya empat belas model smartphone Android yang mendukung aplikasi ini, sedangkan kacamata belum kompatibel dengan iPhone.

Baca juga : Masa Depan Teknologi AR dan VR di Indonesia

Dalam hal aksesibilitas, akan ada versi gratis untuk aplikasi Apple, tetapi pengguna harus membayar untuk fitur premium. Selain itu, kacamata tersebut harus di beli secara terpisah dengan harga $484 atau setara dengan 7.4 juta rupiah.(Nurul Islamiyah)

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *