Beranda News Pengabdian Masyarakat : Pentingnya Pengelolaan Website, Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi

Pengabdian Masyarakat : Pentingnya Pengelolaan Website, Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi

Milenianews.com, Tangerang – Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia untuk mengimplementasikan ilmu para akademisi khususnya dosen. Hal ini juga sebagai wujud kepedulian sosial kepada masyarakat.

Perkembangan teknologi merupakan sebuah tantangan baik bagi invidu maupun lembaga untuk dapat memanfaatkan perkembangannya.

Teknologi dapat dimanfaatkan untuk berbagi hal seperti publikasi kegiatan, publikasi berbagi program yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga, menginformasikan mengenai kondisi lembaga, sebagai media dakwah dan lainnya.

- Advertisement -

Baca Juga : UBSI Asah Kompetensi Karang Taruna Beji Melalui Pengabdian Masyarakat

Sistem informasi yang berhubungan masalah pengolahan data, menjadi hal penting bagi sebuah instansi, lembaga maupun organisasi.

- Advertisement -

Organisasi dalam bidang keagamaan juga membutuhkan pengolahan data informasi, salah satunya masjid atau lembaga non profit. Kegiatan informasi seperti pengelolaan kas, donasi, kegiatan-kegiatan rutin yang dilakukan, dan informasi selama ini berjalan secara konvensional.

Terkadang hal itu juga menimbulkan masalah kurang nya informasi. Tidak adanya materi yang bisa digunakan anggota untuk bahan kajian. Sehinga pemanfaatan teknologi, penyampaian informasi menjadi lebih mudah dan lebih transparan, juga meminimalisir kesalahan dalam kalkulasi dan pembuatan laporan.

Pemanfaatan teknologi informasi yang memadai dan berbasis digital, akan sangat membantu dalam melakukan manajemen donasi di Asrama Istana Yatim Yayasan Keluarga Muslim The Castilla, Tangerang Selatan.

Saat ini, Asrama Istana Yatim Yayasan Keluarga Muslim The Castilla sudah memiliki sebuah website. Namun, penggunaannya belum maksimal. Permasalahan yang dapat dilihat dari website tersebut belum dimanfaatkan untuk kepentingan manajemen.

Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah memaksimalkan pemanfaatan website untuk kepentingan manajemen dan informasi donasi.

Pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk mengelola website dalam pengabdian masyarakat

Pelatihan tersebut digelar dalam pelaksanaan Pengabdian Masyarakat, oleh dosen Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang digelar secara online, 9 dan 10 Oktober 2021.

Pelaksanaan online menggunakan Zoom Meeting, mengingat kondisi masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Ketua pelaksaaan program Pengabdian Masyarakat Desy Tri Anggarini, bersama anggota Sriyadi, Imron, dan Mohammad Noviansyah, beserta dua mahasiswa yaitu Melisa Karisma dan Christian Chandra, melakukan pelatihan pengelolaan website di Asrama Istana Yatim Yayasan Keluarga Muslim The Castilla.

“Pengabdian masyarakat ini, pertama kami lakukan kerjasama dulu dengan mitra. Lalu, kami tawarkan masalah apa yang bisa kami bantu,” kata Desy, Senin (18/10).

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Karawang Gelar Pengabdian Masyarakat

Ia memaparkan, pelatihan ini menjelaskan tentang edukasi dan pengarahan pentingnya pemanfaatan teknologi, kepada pengurus panti, untuk dapat memahami kebutuhan manajemen dalam hal pemanfaatan teknologi. Selain itu, juga memberikan pemaparan mengenai penerapan sebuah sistem informasi.

“Saya berharap pengurus akan memahami pentingnya pemanfaatan teknologi. Informasi proses bisnis yang disampaikan bisa sesuai dengan kebutuhan mitra. Semoga para pengurus bisa meningkat keterampilannya, karena untuk pengelolaan donasi dan lainnya, sekarang bisa lebih mudah dengan pemanfaatan teknologi informasi,” harapnya.(Rifqi Firdaus)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tom Holland Tanggapi Rumor Trilogi Spider-Man Baru

Milenianews.com - Spider-Man: No Way Home belum lama ini memiliki rumor jika Spider-Man masih akan berada di Universe MCU (Marvel Cinematic Universe). Kabarnya film...

Sendiri yang Ramai

Oleh : Miss Karhan Semua kusut tak dapat ku urai, Hanya air mata Menjelaskannya lewat derai Bibirku diam tanpa ucap, Batinku asik sendirian Bercakap cakap Riuh sekali pikiranku, Sedang aku...

Universitas Nusa Mandiri Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS dengan Talkshow

Milenianews.com, Jakarta - Tanggal 1 Desember menjadi tanggal peringatan Hari AIDS Sedunia. Seiring dengan peringatan hari AIDS sedunia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan talkshow...

Disney Anggarkan Rp437 triliun Untuk di Tahun 2022

Milenianews.com - Disney mengungkapkan rencana mereka untuk satu tahun 2022 dengan anggaran konten streaming menjadi USD33 miliar atau sekitar Rp473 triliun. Jika kita bandingkan dari anggaran...