Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Manfaat Makan Yogurt untuk Kesehatan

7 Manfaat Makan Yogurt untuk Kesehatan

Milenianews.com – Yogurt merupakan salah satu makanan bergizi yang banyak disukai kaum muda dan milenial. Sobat yang doyan makanan ini tidak akan rugi, karena yogurt memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Yogurt sendiri merupakan olahan susu yang di fermentasi menggunakan bantuan bakteri. Bakteri memfermentasi laktosa atau gula alami yang ada di dalam susu. Proses ini menghasilkan asam laktat yang membuat protein susu mengental. Inilah alasan yogurt memiliki rasa yang sedikit asam dan tekstur yang lebih kental dari susu.

Proses fermentasi ini juga membuat yogurt kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan.

Baca Juga : Turunkan Resiko Kanker Paru-paru Dengan Konsumsi Yogurt

Berikut 7 Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan

1. Yogurt kaya akan Mikronutrien

Yogurt merupakan makanan yang kaya mikronutrien seperti mineral dan vitamin. Dikutip dari Healthline, secangkir yogurt mengandung 49 persen kalsium harian. Kalsium baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Yogurt juga banyak mengandung vitamin B, terutama B12 dan riboflavin yang berfungsi melindungi jantung.

Selain itu, secangkir yogurt juga mengandung 38 persen kebutuhan harian fosfor, 12 persen magnesium, dan 18 persen kalium. Semua nutrisi ini baik untuk tekanan darah dan metabolisme.

2. Yogurt Tinggi Protein

Yogurt juga tinggi akan kandungan protein, setiap 200 gram yogurt mengandung 12 gram protein. Kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk metabolisme dan pembakaran energi. Sehingga konsumsi yogurt saat berolahraga dapat membantu pembentukan otot.

3. Menjaga Saluran Pencernaan

Proses fermentasi membuat yogurt mengandung probiotik yang dapat menyehatkan saluran pencernaan. Sejumlah studi menunjukkan probiotik pada yogurt seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus terbukti mengurangi gejala iritasi usus besar. Penelitian lain juga menemukan probiotik dapat mencegah diare.

Baca Juga : Sobat Milenia, Ini Dia Buah dan Sayur yang Cocok untuk membuat Smoothies

4. Membantu Turunkan Berat Badan

Dikutip dari Eat This(3/3), peneliti dari University of Tennessee mengemukakan jika konsumsi yogurt tiap hari dapat mengurangi berat badan. Pengurangan berat dengan yogurt 22 persen lebih banyak daripada dengan kelompok yang tidak makan yogurt. Pengurangan lemak perut juga 81 persen lebih banyak.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan probiotik di dalam yogurt juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengutip dari Web MD, sebuah studi menunjukkan probiotik dapat membantu meningkatkan resistensi dan pemulihan infeksi lebih cepat.

Konsumsi yogurt secara rutin juga mengurangi risiko infeksi hingga 20 persen.

6. Mencegah Osteoporosis

Pada dasarnya Yogurt masih memiliki kandungan seperti susu. Sama halnya seperti susu, Nutrisi di dalam yogurt seperti kalsium, protein, kalium, dan fosfor bisa meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, kandungan yang ada dalam Yogurt tersebut bisa mencegah berbagai penyakit tulang, terutama Osteoporosis.

Studi menunjukkan konsumsi tiga porsi makanan olahan susu salah satunya yogurt dapat menjaga massa dan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis di hari tua.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Yogurt juga bermanfaat untuk kesehatan jantung karena dapat meningkatkan kolesterol baik. Selain itu Yogurt juga dapat mengurangi tekanan darah.

Sejumlah studi menunjukkan asupan lemak jenuh dari produk susu seperti yogurt meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi insiden penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan, Salah satunya Memperpanjang Umur

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa sobat milenia dapatkan dengan mengkonsumsi Yogurt.

Untuk mendapatkan manfaat yogurt bagi kesehatan, pilihlah yogurt murni yakni tanpa pemanis atau tambahan lainnya. Pilih juga yogurt yang mengandung bakteri baik. Serta ikuti aturan dan jangan terlalu berlebihan yaa sobat!!!. (Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...