Beranda Lifestyle Kesehatan Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan, Salah satunya Memperpanjang Umur

Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan, Salah satunya Memperpanjang Umur

Milenianews.com – Meskipun kopi sering kali menjadi topik perdebatan di dunia medis, namun kopi juga terbukti membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, menurut penelitian, konsumsi kopi dapat memperpanjang umur.

Penelitian yang dilakukan oleh The American Heart Association mengemukakan bahwa mengonsumsi kopi, dapat mengurangi resiko kematian.

Untuk sobat milenia yang suka kopi, baik yang berkafein maupun tanpa kafein, akan memiliki total risiko kematian yang lebih rendah. Studi besar lainnya menegaskan bahwa peminum kopi hidup lebih lama daripada mereka yang tidak meminumnya, dan memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah.

Baca Juga : Belum Pernah Nyoba? Sekarang Ada loh Kreasi Bubur Rasa Kopi

5 Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan

Dilansir dari BlueZone(3/3), Selain bisa memperpanjang umur, konsumsi kopi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Berikut merupakan 5 manfaat kesehatan lainnya ketika mengkonsumsi kopi. 

1. Meningkatkan Antioksidan untuk cegah penyakit.

Kopi memiliki kandungan yang mirip blueberry dan anggur Cannonau dari Sardinia, sayuran berdaun hijau. Keduanya mengandung polifenol yang efektif menetralkan radikal bebas dan membantu mencegah beberapa penyakit.

Dalam studi The Journal of Nutrition, konsumsi kopi, anggur, dan sayuran dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif kronis utama. Asupan antioksidan paling drastis berasal dari asupan kopi. Bagi kebanyakan orang Amerika, kopi memberikan lebih dari sekedar semangat di pagi hari, tapi juga memenuhi sebagian besar kebutuhan antioksidan harian kita.

2. Dapat meningkatkan mood.

Ada korelasi kuat antara kopi dan mood, terutama bagi wanita. Dalam sebuah penelitian yang terbit di Archives of Internal Medicine, para peneliti menemukan bahwa wanita yang minum dua hingga tiga cangkir kopi berkafein per hari, 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi selama periode 10 tahun.

Kemudian, studi dalam jurnal Psychiatric Services menunjukkan bahwa pasien dengan depresi rata-rata meninggal lima tahun lebih awal. Hal ini terbilang bahaya daripada mereka yang tidak memiliki depresi. Mereka juga melaporkan hilangnya tahun-tahun produktif dan kesehatan.

Baca Juga : Simak Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Modern

3. Dapat Menurunkan Peradangan.

Meskipun kopi bukanlah obat ajaib untuk penuaan, namun kopi memiliki manfaat langsung bagi kesehatan. Kopi dapat berkontribusi pada kehidupan yang lebih sehat secara keseluruhan dan risiko yang lebih rendah untuk penyakit terkait usia yang disebabkan oleh peradangan. Dan sebuah studi dari European Journal of Neurology menemukan bahwa asupan kafein dari kopi mengurangi risiko penyakit Alzheimer jauh lebih rendah.

4. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes tipe 2.

Sebagian besar orang yang mengkonsumsi makanan bernutrisi dan kafein setiap hari sebagian besar bebas dari penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Makanan nabati padat nutrisi dapat mendukung hidup sehat, tetapi jika mengonsumsi kafein juga setiap hari akan lebih bagus. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh JAMA , konsumsi kopi secara teratur, khususnya kopi berkafein penuh, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

5. Dapat Menurunkan Risiko Kanker Prostat pada Pria.

Dalam sebuah penelitian Harvard School of Public Health, mengungkapkan jika para peneliti menemukan para pria peminum kopi yang mengonsumsi varietas berkafein dan tanpa kafein memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat. Partisipan dari Amerika yang mereka teliti dengan nilai konsumsi tertinggi memiliki risiko 20 persen lebih rendah daripada partisipan lain. Kanker prostat sendiri merupakan kanker paling umum pada pria Amerika, setelah kanker kulit.

Nah, itulah manfaat konsumsi kopi bagi kesehatan, tentunya sobat milenia menambah pengetahuan baru lagi nih. Terutama untuk sobat yang juga merupakan pecinta kopi. Tapi ingat, meskipun banyak manfaatnya bagi kesehatan, konsumsi kopi harus tetap sewajarnya. Karena yang berlebihan itu tidak baik. (Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...