Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan, Salah satunya Memperpanjang Umur

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Milenianews.com – Meskipun kopi sering kali menjadi topik perdebatan di dunia medis, namun kopi juga terbukti membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, menurut penelitian, konsumsi kopi dapat memperpanjang umur.

Penelitian yang dilakukan oleh The American Heart Association mengemukakan bahwa mengonsumsi kopi, dapat mengurangi resiko kematian.

Untuk sobat milenia yang suka kopi, baik yang berkafein maupun tanpa kafein, akan memiliki total risiko kematian yang lebih rendah. Studi besar lainnya menegaskan bahwa peminum kopi hidup lebih lama daripada mereka yang tidak meminumnya, dan memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah.

Baca Juga : Belum Pernah Nyoba? Sekarang Ada loh Kreasi Bubur Rasa Kopi

5 Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan

Dilansir dari BlueZone(3/3), Selain bisa memperpanjang umur, konsumsi kopi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Berikut merupakan 5 manfaat kesehatan lainnya ketika mengkonsumsi kopi. 

1. Meningkatkan Antioksidan untuk cegah penyakit.

Kopi memiliki kandungan yang mirip blueberry dan anggur Cannonau dari Sardinia, sayuran berdaun hijau. Keduanya mengandung polifenol yang efektif menetralkan radikal bebas dan membantu mencegah beberapa penyakit.

Dalam studi The Journal of Nutrition, konsumsi kopi, anggur, dan sayuran dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif kronis utama. Asupan antioksidan paling drastis berasal dari asupan kopi. Bagi kebanyakan orang Amerika, kopi memberikan lebih dari sekedar semangat di pagi hari, tapi juga memenuhi sebagian besar kebutuhan antioksidan harian kita.

2. Dapat meningkatkan mood.

Ada korelasi kuat antara kopi dan mood, terutama bagi wanita. Dalam sebuah penelitian yang terbit di Archives of Internal Medicine, para peneliti menemukan bahwa wanita yang minum dua hingga tiga cangkir kopi berkafein per hari, 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi selama periode 10 tahun.

Kemudian, studi dalam jurnal Psychiatric Services menunjukkan bahwa pasien dengan depresi rata-rata meninggal lima tahun lebih awal. Hal ini terbilang bahaya daripada mereka yang tidak memiliki depresi. Mereka juga melaporkan hilangnya tahun-tahun produktif dan kesehatan.

Baca Juga : Simak Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Modern

3. Dapat Menurunkan Peradangan.

Meskipun kopi bukanlah obat ajaib untuk penuaan, namun kopi memiliki manfaat langsung bagi kesehatan. Kopi dapat berkontribusi pada kehidupan yang lebih sehat secara keseluruhan dan risiko yang lebih rendah untuk penyakit terkait usia yang disebabkan oleh peradangan. Dan sebuah studi dari European Journal of Neurology menemukan bahwa asupan kafein dari kopi mengurangi risiko penyakit Alzheimer jauh lebih rendah.

4. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes tipe 2.

Sebagian besar orang yang mengkonsumsi makanan bernutrisi dan kafein setiap hari sebagian besar bebas dari penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Makanan nabati padat nutrisi dapat mendukung hidup sehat, tetapi jika mengonsumsi kafein juga setiap hari akan lebih bagus. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh JAMA , konsumsi kopi secara teratur, khususnya kopi berkafein penuh, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

5. Dapat Menurunkan Risiko Kanker Prostat pada Pria.

Dalam sebuah penelitian Harvard School of Public Health, mengungkapkan jika para peneliti menemukan para pria peminum kopi yang mengonsumsi varietas berkafein dan tanpa kafein memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat. Partisipan dari Amerika yang mereka teliti dengan nilai konsumsi tertinggi memiliki risiko 20 persen lebih rendah daripada partisipan lain. Kanker prostat sendiri merupakan kanker paling umum pada pria Amerika, setelah kanker kulit.

Nah, itulah manfaat konsumsi kopi bagi kesehatan, tentunya sobat milenia menambah pengetahuan baru lagi nih. Terutama untuk sobat yang juga merupakan pecinta kopi. Tapi ingat, meskipun banyak manfaatnya bagi kesehatan, konsumsi kopi harus tetap sewajarnya. Karena yang berlebihan itu tidak baik. (Latif)

Respon (21)

  1. You’re so awesome! I don’t believe I have read a single thing like that before. So great to find someone with some original thoughts on this topic. Really.. thank you for starting this up. This website is something that is needed on the internet, someone with a little originality!

  2. Very well presented. Every quote was awesome and thanks for sharing the content. Keep sharing and keep motivating others.

  3. Hi there to all, for the reason that I am genuinely keen of reading this website’s post to be updated on a regular basis. It carries pleasant stuff.

  4. Hi there to all, for the reason that I am genuinely keen of reading this website’s post to be updated on a regular basis. It carries pleasant stuff.

  5. I am truly thankful to the owner of this web site who has shared this fantastic piece of writing at at this place.

  6. This is really interesting, You’re a very skilled blogger. I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your magnificent post. Also, I’ve shared your site in my social networks!

  7. Very well presented. Every quote was awesome and thanks for sharing the content. Keep sharing and keep motivating others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *