Beranda Lifestyle Kesehatan Kaya Akan Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Melon

Kaya Akan Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Melon

Milenianews.com – Memiliki daging buah yang manis nan menyegarkan membuat buah melon sangat cocok dijadikan campuran es buah atau langsung dimakan. Melon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan nutrisi yang hampir 95% mengandung air.

Selain itu, buah hijau yang bulat ini, kaya akan vitamin A, C, E, K, Folat dan Niasin yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu melon juga kaya akan kandungan mineral seperti tembaga, kalsium, zat besi, magnesium, mangan dan seng.

Kali ini, Milenianews.com telah merangkum dari berbagai sumber apa saja manfaat buah melon bagi kesehatan.

Baca Juga : Ingin Diet Sehat? Coba dengan Konsumsi Buah dan Sayur Fermentasi

1. Buah Melon menyehatkan sistem pencernaan tubuh

BUah Melon
Foto : Buah melon yang menyegarkan saat dimakan karena banyak mengandung air.

Kandungan Melon yang kaya akan serat membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang untuk waktu yang lama. Sehingga buah ini cocok dikonsumsi saat menjalani program diet.

Selain memiliki kandungan air yang banyak, melon juga memiliki kandungan elektrolit seperti potasium dan kalsium. Sehingga bisa membantu pencernaan. Melon juga bisa dikonsumsi setelah berolahraga sebagai pengganti dehidrasi.

2. Mencegah penuaan dan rambut rontok

Foto : Rutin konsumsi buah melon bisa mencegah rambut rontok.

Vitamin A yang terdapat dalam melon memberikan manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut sehingga dapat mencegahnya dari kerontokan. Tak hanya itu, melon juga dipercaya dapat mencegah katarak, degenerasi makula, dan menjaga mata dari sinar radiasi.

Melon juga memiliki kandungan kolagen yang baik untuk mengencangkan kulit, sehingga baik untuk mencegah penuaan dan membantu menghaluskan kulit.

3. Mencegah kanker, diabetes, dan menurunkan risiko penyakit jantung

Nutrisi dan senyawa organik sangat baik untuk mencegah kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker mulut. Semua itu terdapat dalam buah melon sehingga dapat membantu mengatasi radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Nutrisi pektin pada melon dapat mengatur sekresi glukosa dalam aliran darah sehingga dapat membantu tubuh terbebas dari risiko diabetes. Buah ini juga dipercaya sanggup menetralkan kadar glukosa dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung serta hipertensi.

Baca Juga : Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Pilihan

4. Menyehatkan Tulang

Foto : Melon bisa menyehatkan tulang.

Kandungan Folat, Vitamin K, dan Magnesium pada buah melon terbukti mampu menguatkan tulang. Vitamin K dapat membantu meningkatkan produksi protein dalam tulang yang disebut sebagai osteoklasin. Walaupun berjumlah kecil, kandungan kalsium, fosfor, dan zinc pada buah melon mampu memberikan vitamin yang baik bagi kesehatan tulang.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Masa pandemi saat ini, mengonsumsi buah melon sangat dianjurkan karena kandungan vitamin A dan C serta nutrisi nya mampu membuat tubuh selalu sehat dan sistem kekebalannya semakin baik.

Juga kaya antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh menghindari berbagai penyakit maupun infeksi. Bahkan, beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi melon secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit pernapasan seperti pneumonia dan pilek.(Lady Agustin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

UNM Tebar Bakti Untuk Negeri Melalui Kegiatan Workshop

Milenianews.com, Cengkareng - Ramadan menjadi momen terbaik untuk berbagi, baik berbagi makanan, takjil ataupun berbagi pengetahuan. Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Cengkareng senantiasa menjadikan...

Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Lebaran sampai 24 Mei 2021

Milenianews.com, Jakarta - Pemerintah perpanjang larangan mudik sampai 24 Mei 2021. Perpanjangan tersebut berlaku mulai hari ini, 22 April 2021. Melalui Satuan Tugas (Satgas)...

Anak Dinosaurus Tertangkap CCTV, Berkeliaran di Belakang Rumah

Milenianews.com, Jakarta - Sebuah cuplikan video dari daerah Florida, Amerika Serikat (AS) memperlihatkan yang mirip seekor anak dinosaurus berlari di belakang rumah seorang warga. Jika...

Tayang Bersamaan Skandal, Film Seo Ye Ji ‘Recalled’ Puncaki Box Office Korea

Milenianews.com - Seiring dengan skandal yang terjadi kepada Seo Ye Ji, film terbaru yang ia bintangi berjudul Recalled justru menorehkan pencapaian menakjubkan. Recalled sukses...