Alasan Indonesia bisa jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Alasan Indonesia bisa menjadi tuan rumah

Milenianews.com, Jakarta – PSSI telah mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang. FIFA secara resmi melalui Presiden FIFA, Gianni Infantino mendaulat Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada council meeting di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10) kemarin.

Indonesia berhasil mengalahkan pesaingnya, Brasil dan Peru dalam proses Bidding. Sementara Peru terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2021 dan Brasil mengundurkan diri pada proses akhir.

Baca Juga : Gol ke-700 Ronaldo tak Mampu bawa Portugal menang atas Ukraina

Dilansir Indosport, ini menjadi partisipasi kedua Indonesia setelah 40 tahun yang lalu di Piala Dunia U-20 1979 di Tokyo, Jepang. Kabar baik tersebut, tak membuat semua pihak langsung setuju, ada beberapa yang meragukan Indonesia akan berhasil menggelar gelaran tersebut.

Berikut alasan kenapa Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 :

Minat Sepakbola


Sumber : Liputan6.com

Masyarakat Indonesia salah satu yang fanatik terhadap sepakbola. Dalam setiap pertandingan, minimalnya ditonton ribuan suporter, dalam pertandingan besar sampai puluhan ribu suporter.

Laga persahabatan timnas saja banyak yang nonton, terlebih nanti saat gelaran Piala Dunia, pasti akan membludak. Tak hanya itu, kedatangan peserta dari negara lain pun akan membuat suporter Indonesia ramai melihat ke stadion.

Sarana Stadion


Sumber : Timlo.net

Pembangunan dan renovasi stadion sekarang sedang dilaksanakan pemerintah Indonesia. Hal tersebut menjadi ciri akan semakin maju-nya dunia sepakbola Indonesia.

Indonesia memiliki banyak stadion bertaraf Internasional yang siap menggelar laga-laga kelas dunia. Renovasi besar-besaran juga sedang dilakukan, Stadion Mandala Krida, Stadion Manahan Solo, Stadion Papua Bangkit, sampai Stadion Jatidiri Semarang.

Jaminan Pemerintah


Sumber : Pantau.id

Salah satu keberhasilan proses Bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, adalah keseriusan dari pemerintah. Menpora Zainudin Amali mnyebut, “Hal penting yang membuat proses bidding lancar adalah adanya jaminan dari pemerintah,” katanya dikutip Indosport.com.

Presiden Jokowi merespon cepat permohonan izin dari Kemenpora dengan menyampaikan kepada FIFA pada 7 Agustus silam. Dalam surat tersebut dilampirkan berupa jaminan dari empat menteri dan Kapolri.

Empat menteri yang memberikan jaminan adalah Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Menteri Keuangan. Jaminan juga datang langsung dari Kapolri. 

Darinya, pemerintah pun menunjuk Keta KOI sekaligus pengusaha papan atas Tanah Air, Erick Thohir diutus ke FIFA.

Baca Juga : Akhirnya! Indonesia Resmi menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Ini menjadi ajang paling bergengsi yang bisa membawa sepakbola Indonesia lebih dikenal masyarakat dunia. Semoga persiapan yang sedang dilakukan dilancarkan.

Skuat Garda muda Indonesia juga tetap semangat, dukungan dan doa suporter Indonesia akan selalu menggelora di luar maupun di dalam stadion. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *