News  

Pendaftaran Tes CPNS 2019 Dibuka 11 Nopember

Tes CPNS 2019 Dibuka

Milenianews.com, Jakarta – Pendaftaran daring CPNS 2019 akan dibuka pada 11 Nopember 2019. Pendaftaran dilakukan melalui portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon ASN). Hal tersebut dikatakan Kepala Biro Humas Badan Kepagawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.

“Pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019 mendatang,” ujar Ridwan dikutip Kompas.com, Selasa (29/10).

Calon peserta tinggal mengisi sesuai form yang sudah ditentukan. Ridwan menyebut, “Satu orang pelamar hanya dapat melamar pada satu formasi di satu instansi,” jelasnya.

Baca Juga : PLN Berikan Kompensasi 20 Persen untuk Tagihan Listrik per Agustus

Rincian Lowongan yang Dibuka CPNS 2019

Sumber : carapedi.com

Selain itu, calon peserta harus mengunggah beberapa dokumen melalui laman SSCASN. Diantaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah, transkip nilai asli dan beberapa dokumen lain yang disyaratkan oleh instansi.

Masyarakat disarankan untuk membaca terlebih dahulu semua ketentuan pendaftaran yang dimuat di SSCASN. “Jika ditemukan kesiluan, pelamar bisa mempelajari pada laman Frequently Asked Question (FAQ) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan,” paparnya.

Jika tidak mendapat jawaban di kanal FAQ, BKN juga menyediakan kanal helpdesk sebagai media pengaduan daring bagi pelamar. BKN juga menyediakan layanan helpdesk luring di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN.

Pengumuman resmi rekrutmen CPNS ini sudah disampaikan melalui surat bernomor B/1069/M.SM.01.00/2019 mengenai Informasi Penerimaan CPNS tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah. Juga sudah ditandangani Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo.

Tahun ini pemerintah membuka 197.111 lowongan, rinciannya :

  1. Instansi Pusat 37.854 formasi di 68 Kementerian/Lembaga.
  2. Instansi Daerah 159.257 formasi di 462 lembaga di pemerintah daerah.

Pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi untuk tahun ini, pasalnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia. Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional dan teknis lainnya.

Pemprov DKI Buka Tiga Formasi CPNS 2019

Sumber : kompas.com

Pemerintah DKI membuka tiga formasi penerimaan CPNS tahun 2019, yakni tenaga pendidik, kesehatan serta tenaga teknis dan administrasi.

Baca Juga : Siap-siap, Tes CPNS 2019 Segera Dibuka, Pelajari Cara Daftarnya Disini

Untuk totalnya, menurut Chaidir, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jakarta, jatah untuk DKI Jakarta sebanyak 2.900 orang.

CPNS 2019 ada dua jenis formasi, yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi Cumlaude, Diaspora dan Disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah. Ada juga formasi khusus putra-putri Papua dan formasi yang bersifat strategis pada Instansi Pusat. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *