Kemenhub Apresiasi Mobil Terbang Serta Pesawat N219 PT DI

Kemenhub Apresiasi PT DI

Milenianews.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan apresiasi pada dua produk yang dikembangkan PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan hal ini di stan pameran PT DI pada Singapore Airshow 2024 di Changi, Singapura, Selasa (20/2).

Dalam kesempatan ini, Menhub Budi mengapresiasi pesawat N219. Menurutnya, pesawat tersebut mendukung pembangunan konektivitas di daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan). Miliki kemampuan short take off landing, pesawat ini mampu mendarat di landasan kurang dari 800 meter dan tidak beraspal.

Baca juga:Kemenhub Ajak Airbus Berkolaborasi Guna Mengembangkan Industri Penerbangan

Kemenhub beri apresiasi PT DI

“Saya mengapresiasi PT DI yang telah melanjutkan pengembangan pesawat N219 versi dasar menjadi versi amphibious pada awal tahun ini,” ujar Menhub dalam rilis yang diterima, Kamis (22/2).

Bukan hanya mampu mengangkut penumpang, pesawat N219 juga memiliki beberapa kegunaan. Mulai dari mengangkut logistik, hingga evakuasi medis.

Selain itu, Menhub juga menyambut baik pengembangan mobil terbang perkotaan Vela Alpha yang merupakan kerja sama PT DI dengan Vela. Saat ini, PT DI sedang mengajukan uji layak terbang kepada Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan.

Berbentuk seperti drone besar, Vela Alpha berisikan satu pilot dan empat penumpang. Menurut perkiraan, mobil terbang ini bisa menjadi taksi udara di kota-kota besar.

Baca juga:Kemenhub RI Gunakan tSurvey.id dari Telkomsel dalam Analisa Lalu Lintas

Sebagai informasi, dalam kunjungan ini hadir pula Duta Besar Indonesia di Singapura Suryo Pratomo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Muhammad Ali, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah, dan Kepala Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan Internasional (PFKKI) Fikry Cassidy.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *