News  

Berkonsep Tematik, Keinginan Jokowi Untuk Kota-kota di Indonesia

Presiden Jokowi Jengkel

Milenianews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin kota-kota di Indonesia memiliki konsep tematik yang menyirikan dan membedakan antar daerahnya masing-masing. Hal tersebut menyontohkan konsep tematik yang diterapkan di Amerika Serikat.

Pembahasan tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) 2023 di Hotel Sherton, Jakarta Selatan, Rabu (9/8).

Baca juga : Menjelang Revitalisas Pasar Sukasari, 13 Toko Diamankan Untuk TPS 

“Saya kadang-kadang bayangin, negara kita ini kan hampir semua kota itu kan sama, enggak ada difrensiasinya. Kenapa tidak ini ada sebuah kota, ini kota jagung. Segala fasilitas ada, kota ikan, ada kota meubel, ada kota gold ada di Amerika seperti itu, jadi nggak semua kota sama,” tutur Jokowi mengutip dari BeritaSatu, Rabu (8/9).

Ia berharap REI bisa merumuskan langkah strategis dalam mewujudkan kota-kota tematik di Indonesia. Jokowi juga mengingatkan REI untuk memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dalam membangun sebuah hunian.

“Saya minta pada kesempatan yang baik ini, kepada REI untuk terus memperkuat kolaborasi,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Jokowi juga menjelaskan kontribusi besar dari sektor real estate pada produk domestik bruto atau PDB.

“Kalau kita lihat kontribusi 2018-2022, setiap tahunnya mencapai Rp 2.300 – Rp 2.800 triliun. Sangat besar sekali dan memberikan kontribusi 16% terhadap PDB ekonomi. Tenaga kerja yang tersangkut dalam perputaran di ekonomi REI mencapai 13-19 juta orang, ini juga sangat banyak sekali,” ucapnya.

Disebut juga, bahwa sektor properti, real estat, serta kontruksi memberikan multiplier effect yang besar.

Multiplier effect-nya ke 185 subsektor industri lainnya, ini juga banyak sekali. Tidak ada industri lain yang semasif ini efeknya, yang ada hanya di properti, real estate, dan kontruksi,” urainya.

Baca juga : Presiden Jokowi Berikan Bonus untuk Atlet ASEAN Paragames 2023

Dicontohkan, sektor real estate berpengaruh terhadap industri material, furnitur, elektronik dan jasa.

“Semua industri tersangkut di sini, semen, batu bata, besi, cat, semuanya bergerak kalau industri properti dan real estat bergerak. Jangan lupa industri jasa dari yang namanya tukang listrik, tukang sampah, tukang kebun, sedot WC, semuanya bergerak,” katanya.

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *