Apple “Nyerah” dengan Proyek Mobil Listrik, Pilih Fokus ke AI

mobil listrik apple

Milenianews.com – Apple telah menghentikan upaya mereka selama satu dekade untuk membangun mobil listrik. Keputusan ini menandai akhir dari proyek yang dianggap oleh beberapa pihak potensial untuk mengubah industri otomotif.

Menurut Bloomberg, banyak karyawan yang terlibat dalam proyek mobil listrik akan dipindahkan ke divisi kecerdasan buatan perusahaan.

Baca juga: Microsoft Invest Besar Ke Startup AI Mistral! Ini Kali Kedua Setelah OpenAI

Minat mobil listrik turun, Apple lebih pilih gokus pengembangan AI

Keputusan ini datang di tengah penjualan kendaraan listrik yang mengecewakan. Hal ini mendorong beberapa produsen mobil besar untuk menarik investasi dan menurunkan harga. Sementara itu, AI sedang mengalami momentum, dan pergeseran sumber daya dapat membantu Apple untuk mengejar pesaing mereka seperti Microsoft dan Google, yang telah unggul dalam teknologi terobosan ini.

Menurut Susannah Streeter, Kepala Uang dan Pasar di Hargreaves Lansdown, sebuah platform investasi berbasis di Inggris mengatakan, “Perusahaan teknologi raksasa ini mengikuti tren, dengan penurunan antusiasme investor terhadap investasi kendaraan listrik, di tengah kegilaan untuk segala hal yang berkaitan dengan kecerdasan buatan”.

“Penting bagi Apple untuk tetap satu langkah lebih maju dalam mengembangkan teknologi yang diminati oleh orang-orang, untuk membenarkan harga tinggi produk-produk mereka. Jadi, menjelajahi sepenuhnya peluang yang ditawarkan kecerdasan buatan untuk rentang masa depan mereka adalah hal yang penting,” tambahnya.

Apple sendiri tidak pernah secara resmi mengonfirmasi spekulasi bahwa mereka akan membuat mobil listrik. Mereka telah mengambil beberapa langkah selama 10 tahun terakhir yang menunjukkan keseriusan mereka dalam upaya tersebut. Perusahaan telah merekrut eksekutif otomotif sejak setidaknya tahun 2014 dan telah mengamankan beberapa paten terkait mobil.

Baca juga: Smart Luncurkan Mobil Listrik Edisi Spesial, Peringati Anniversary ke-25

Para ahli berspekulasi bahwa lebih mungkin bagi Apple untuk bermitra dengan produsen mobil lainnya untuk menjual sistem operasi mobil, perangkat lunak otonom, atau teknologi terkait lainnya, daripada membuat seluruh kendaraan.

Meskipun Apple mungkin menunda rencana mereka untuk memasuki industri EV yang sangat kompetitif, mitra mereka yang terbesar, Foxconn, yang memproduksi iPhone, melihat peluang besar dalam bisnis mobil listrik.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *