Menu Buka Puasa Favorit di Berbagai Belahan Dunia

Buka Puasa Favorit

Milenianews.com – Indonesia merupakan negara dengan banyak suku dan budaya, sehingga kuliner khas nya juga sangat banyak. Aneka makanan, cemilan, dan jajanan khas buka puasa favorit seperti kolak banyak tersaji. Tapi sobat milenia, tahukah kamu beberapa negara di berbagai belahan dunia memiliki menu buka puasa favorit nya tersendiri. Penasaran? Yuk simak

7 Menu Buka Puasa Favorit di Berbagai Belahan Dunia

1. Gullac – Turki
Buka Puasa Favorit Turki
Sumber : instagram.com/lezzettburadaa/

Gullac adalah hidangan penutup Turki yang terbuat dari susu , delima ,dan jenis kue khusus. Desert ini sering dikonsumsi terutama selama Ramadhan. Karena itu makanan ini merupakan menu Buka Puasa Favorit khas Ramadhan yang wajib hadir sebagai makanan penutup di Turki.

Gullac ini mirip puding dengan tekstur lembut, untuk membuat Gullac diperlukan pastry yang direndam susu hangat.

2. Qatayef – Arab
Buka Puasa Favorit
Sumber : instagram.com/sawafoodservice/

Qatayef adalah makanan penutup Arab sejenis pancake manis yang diisi dengan krim atau kacang yang biasa disajikan selama bulan Ramadhan. Qatayef kerap kali menjadi hidangan buka puasa khas Arab.

Qatayef terbuat dari tepung, baking powder, air, ragi, dan terkadang ditambahkan gula. Hasil adonan yang dituangkan ke piring panas bulat tampak mirip pancake, kecuali hanya satu sisi yang dimasak, kemudian diisi dan dilipat. Kue ini diisi dengan keju manis tawar tanpa campuran dari hazelnut, kenari, almond, pistachio, kismis, gula bubuk, ekstrak vanili, ekstrak mawar (ma-zahr ماء الزهر) dan kayu manis.

3. Falafel – Mesir
Falafel Mesir
Sumber : instagram.com/cocinarencasa/

Falafel adalah bola yang digoreng, atau patty berbentuk lain misal datar atau donat, dibuat dari kacang tanah, kacang fava , atau keduanya. Falafel sudah menjadi cemilan khas terutama untuk buka puasa di daerah timur tengah.

Meskipun makanan ini digoreng, tapi bagian dalam falafel tetap memiliki tekstur yang lembut.

4. Samosa – India dan Pakistan
Samosa
Sumber : instagram.com/riyachauhan06/

Samosa adalah jajanan yang digoreng dengan isian gurih, seperti diisi dengan kentang , bawang bombay , daging sapi, kacang polong , atau kacang . Bentuknya juga beragam, diantaranya bentuk segitiga, kerucut, atau setengah bulan, tergantung pada wilayah negara pembuatnya.

5. Hummus – Lebanon

 

Khas
Sumber : Wikipedia

Hummus sangat populer di kawasan Timur Tengah. Cita rasa hummus begitu unik dengan gurih dan kaya rasa membuatnya menjadi salah satu menu buka puasa favorit daerah timur tengah.

Bahan yang digunakan antara lain campuran minyak zaitun, bawang putih, perasan air lemon, hingga kacang yang digiling halus. Teksturnya yang lembut dan lumer di mulut sangat pas disantap sambil menikmati kurma.

6. Kaak – Pakistan & Tunisia
Buka Puasa Favorit
Sumber : instagram.com/sophialindopcooks/

Kaak menjadi jajanan favorit untuk buka puasa, pemburu takjil tunisia biasa menyerbu jajanan ini. Kaak berbentuk bulat dan ada lubangnya seperti donat cuman agak pipih dan cara megolahnya dipanggang.

Ketika baru diangkat, tekstur kaak cukup keras. tapi ketika sudah dingin, teksturnya menjadi lebih lembut. Makin nikmat jika dibubuhi gula halus di atasnya!

7. Nasi Biryani – India
Buka Puasa Favorit
Sumber : instagram.com/melbourneitaliangirl/

Nasi Biryani tidak hanya bisa didapatkan di India, tetapi di beberapa negara juga sudah bisa ditemui.  Terdiri nasi yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah, campuran daging, sayuran, serta kacang. Makanan ini kerap kali jadi makanan khas buka puasa di India sebagai hidangan utamanya.

Gimana sobat Milenia? tertarik untuk mencoba salah satunya? Ini versi Milenianews, Jika ada rekomendasi makanan khas lainnya silahkan komen dibawah !! 🙂

Baca Juga : Susu Gandum, Minuman Sehat Kaum Milenia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *