5 Hal Mencegah DBD

Nyamuk

Milenianews.com, Jakarta – Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), saat ini sudah menjadi waspada nasional. Dikabarkan juga ada lima warga Bogor yang meninggal dunia karena DBD.

Untuk menekan hal tersebut dan menurunkan kasus warga yang terkena, seyogyanya pemerintah melakukan upaya-upaya pencegahan. Seperti halnya melakukan penyemprotan jentik nyamuk, pengasapan sarang nyamuk agar nyamuk tidak berkembiang lebih banyak lagi.

Baca Juga : 5 Tips Ini Bisa Cegah Obesitas

Namun, pencegahan tersebut juga harus timbul dari kesadaran diri sendiri. Tidak hanya mengandalkan solusi dari pemerintah yang mungkin tidak akan bertahan selamanya. Anda juga harus melakukan hal berikut ini  untuk mencegahnya. Berikut 5 hal mudah yang bisa dilakukan yang dikutip dari hellosehat.com :

Bersihkan Bak Mandi Seminggu Sekali


Foto : YouTube

 

Air adalah sarangnya nyamuk untuk berkembang biak. Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. elama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir.

Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Biasanya siklus tersebut berlangsung selama 8-10 hari. Membersihkan bak mandi Anda setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

Perhatikan Perabotan Rumah Tangga Yang Menampung Air


Foto : paragram.id

 

 

 

Peralatan tersebut mencakup, baskom, vas bunga, ember, botol juga wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk bersarang. Jangan menaruh barang yang dapat menampung air diluar. Jika ada barang tersebut, anda bisa membersihkannya, maupun mengubur barang tersebut, agar tidak menjadi sarang nyamuk lagi.

Gunakan Kasa Nyamuk


Foto : pantau.com

 

Kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah. Anda bisa memasang kasa nyamuk ini pada pintu dan jendela Anda.

Jangan Menumpuk Atau Menggantung Baju Terlalu Lama


Foto : Info Unik

Perhatikan juga gantungan baju yang sering kali ada di balik pintu kamar. Baju kotor yang menumpuk bisa menjadi tempat favorit nyamuk untuk nongkrong. Hal tersebut karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Sebaiknya jika ingin menyimpan kembali baju yang telah dipakai, simpanlah di tempat yang bersih dn tertutup.

Baca Juga : Pilah Bahan Makanan Waspadai Pemicu Kanker

Gunakan Losion Anti Nyamuk

Memakai Losion Anti NyamukFoto : iprice

Losion anti nyamuk juga bisa ampuh untuk melindungi kulit kita dari gigitan nyamuk, terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Gunakanlah saat tidur, karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari hingga menjalang subuh. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *