Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Milenianews.com – Di zaman sekarang yang sudah serba modern dan canggih ini memaksa kita untuk tidak tertinggal. Tidak hanya karena aktivitas atau bekerja di kantor saja, munculnya WFH (work from home) maupun WFA (work from anywhere) juga merupakan sebuah adaptasi baru untuk terbiasa bekerja dengan laptop. Namun, jika sobat berencana untuk membeli laptop, ada beberapa hal yang harus sobat milenia perhatikan.

Untuk memenuhi tuntutan WFH ataupun WFA kita memerlukan laptop yang canggih agar dapat menunjang pekerjaan. Baik sebagai pekerja, mahasiswa atau pelajar pun kini juga sangat memerlukan laptop untuk mengerjakan tugas.

ADOP

Namun laptop terkadang memiliki problematikanya sendiri, meeting dengan bos tiba-tiba laptop mati, membuka aplikasi lemot, dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa permasalahan yang memang  tidak bisa selesai hanya dengan membawa ke tukang servis laptop.

Variasi laptop yang semakin banyak serta harga yang semakin terjangkau pasti membuat sobat milenia galau. Karena bagaimanapun, tidak harus canggih tapi sesuai kebutuhan agar budget yang kita keluarkan sesuai dengan yang kita dapat.

Baca Juga : 5 Laptop Gaming Murah Terbaik Cocok Untuk Pemula

Tapi jangan khawatir sob, MileniaNews bakalan kasih kalian hal-hal yang harus di perhatikan sebelum membeli laptop.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

1. Ukuran dan Bobot Laptop

Beberapa brand laptop ternama seperti Acer, Asus, HP, Lenovo dan lain-lain memiliki ukuran rentangan 11 inci sampai 17 inci, dengan berat 1,5 kg sampai 5kg.

Jika sobat milenia hanya memiliki keperluan untuk menonton film serta bekerja laptop dengan ukuran 11 – 14 inch dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan dan umumnya hanya berbobot maksimal 2 – 3 kg saja.

Buat sobat milenia yang memiliki pekerjaan berat seperti desain, editing serta programmer umumnya laptop 15 inch keatas mampu menopang berbagai kebutuhan kalian dengan baik.

2. CPU dan VGA

CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari computer sedangkan VGA (Video Graphics Adapter) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layar monitor. VGA juga sering disebut sebagai kartu grafis.

Umumnya laptop sekarang memiliki paket CPU dan VGA yang tidak terpisahkan dan jarang bisa di upgrade, sehingga kalian harus cermat dalam melihat spesifikasi laptop yang ingin beli, semakin besar versinya maka akan semakin bagus juga laptop kalian.

Brand besar yang menguasai pasar CPU dan VGA di Indonesia yaitu intel, amd dan nvidia.

Baca Juga : ASUS Luncurkan Tablet Gaming ROG Flow 13 dengan GPU NVIDIA RTX

3. Memori dan RAM

RAM ( Random Access Memory) adalah tempat untuk menyimpan data sementara, salah satu faktor yang mampu memengaruhi kinerja laptop, semakin besar RAM dapat membuat laptop menjadi gesit alias tidak lemot lohh sobat milenia, variasi RAM yang di jual umumnya 4GB, 8GB dan 16GB.
Memori adalah tempat untuk penyimpanan data secara permanen, variasi yang umum di pasaran umumnya 128 GB, 256 GB, 500GB hingga 1TB.
Laptop generasi terbaru biasanya memiliki slot khusus untuk menambah RAM dan memori sehingga dapat meningkatkan performa.

4. Sistem Operasi

Sistem operasi komputer adalah program perangkat lunak atau software yang diperlukan untuk mengelola dan mengoperasikan computer atau laptop, terdapat beberapa sistem operasi yang saat ini umum dipakai seperti Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

5. Kelengkapan Laptop

Kelengkapan yang dimaksud ini adalah seperti kualitas webcam yang diperlukan untuk meeting secara daring, fingerprint untuk meningkatkan kualitas keamanan, serta port usb yang digunakan untuk mencolok berbagai keperluan ke dalam laptop minimal terdapat satu USB-C, satu USB-A, dan jack mikrofon/headset, LAN dan HDMI/VGA.

Baca Juga : Lulus Uji Laik Operasi, XL Axiata Siap Hadirkan 5G

6. Konektivitas

Selain adanya koneksi WiFi, konektivitas Bluetooth juga sangat penting untuk sebuah laptop. Selain itu, USB, HDMI/VGA juga masih kita perlukan untuk konektivitas ke proyektor atau monitor lain untuk keperluan presentasi ataupun nonton bareng.

7. Tempat Pembelian

Beli lah laptop di tempat yang resmi hal ini untuk mengurangi kemungkinan kalian mendapatkan barang kw ataupun palsu. Sekarang kita juga dimudahkan dalam membeli laptop karena bisa melalui online baik melalui web ataupun e-commerce. Jika kamu ingin membeli secara online pastikan pengiriman kalian terlindungi dengan baik agar tidak ada kerusakan, dan tentunya jika membeli di tempat resmi akan mendapatkan garansi resmi loh sobat milenia.

Nah dari beberapa hal tersebut bisa sobat jadikan acuan buat refrensi cari laptop baru, dengan beragam merk. Tentu spesifikasi dan harga yang kalian dapat akan worth jika beli sesuai dengan kebutuhan.

Kalian ga perlu bingung-bingung lagi buat mencari laptop baru ya sobat milenia!

(Reporter 6 / FIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here