5 Tempat Wisata Populer Yang Kini Sepi Pengunjung

Milenianews.com – Ketika masih kecil, kita kerap kali menghabiskan waktu liburan bersama keluarga untuk bertamasya ke tempat wisata. Namun seiring berjalannya waktu, dan semakin banyaknya pilihan destinasi rekreasi. Hingga saat ini, beberapa tempat wisata yang dahulu begitu populer dan ramai di banjiri pengunjung, tapi saat ini nasibnya malah terlantar.

Semakin banyaknya objek wisata kekinian yang bermunculan dan juga karena efek pandemi. Hal ini membuat beberapa ‘mantan’ objek wisata populer berikut perlahan-lahan pengunjung tinggalkan.

ADOP

Nah dari daftar berikut, kira-kira adakah tempat favorit kalian?

5 Tempat Wisata Populer yang Sekarang Sepi

1. Snowbay Water Park

Snow bay waterpark
Snowbay Water Park, TMII/Foto: Putu Intan/detikcom

Destinasi liburan keluarga taman wisata air yang berada dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah ini terpaksa berhenti beroperasi. Ini terjadi setelah pandemi Covid-19 dan TMII resmi pemerintah ambil alih.

Sewaktu masih beroperasi, Snowbay Water Park menjadi tempat wisata populer bagi masyarakat karena memiliki fasilitas wahana permainan yang lengkap. Di antara semuanya, dua wahana yang paling terkenal adalah seluncuran Hurricane dan Cool Running.

Seiring dengan renovasi TMII, mengutip dari detikTravel, Snowbay Water Park yang menganggur 2 tahun ini akan berubah jadi area parkir. 

Baca Juga : Traveloka Travel Trend: 3 Destinasi Wisata Lokal yang Paling Diminati

2. Depok Fantasi Waterpark

Depok Fantasi Waterpark atau juga dikenal dengan Aladin Waterpark dikabarkan harus tutup usai terantuk imbas pandemi. Pionir taman rekreasi air di kota Depok, Jawa Barat ini bahkan sudah rata dengan tanah.

Padahal, dulu sebelum ditutup, Aladin Waterpark yang berdiri 2008 silam ini selalu ramai pengunjung, khususnya anak-anak kecil. Dengan mengusung nuansa Timur Tengah, taman wisata air yang luas ini memiliki beragam wahana mulai dari seluncuran air tinggi, air mancur, ember tumpah, dan lain-lain.

3. Taman Festival

Taman Festival Bali sempat ramai dengan turis lokal dan mancanegara, namun sekarang objek rekreasi ini lebih populer sebagai spot foto tempat terbengkalai. Tanaman merambat, semak belukar, serta grafiti yang memenuhi tempat itu memberikan nuansa mencekam namun tetap eksotis.

Baca Juga : 3 Tempat Wisata Alam Populer di Bantul, Yogyakarta

Sehingga bukan lagi jadi tempat wisata, tapi spot foto menarik. Tempat ini tidak jauh dari Pantai Sanur, Bali, yang pernah diklaim sebagai taman festival yang sangat megah dan besar pada masanya. Tetapi akibat krisis, Taman Festival mesti gulung tikar tahun 1999 setelah dua tahun buka.

4. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah
Kampung Gajah dulu (atas) dan sekarang (bawah)/Foto: Instagram.com/discoverbandung

Mengutip detikJabar, objek wisata Kampung Gajah Wonderland yang terletak di Kabupaten Bandung Barat sudah tutup sejak 2017 lantaran pailit. Kawasannya pun kini sudah terbengkalai begitu saja.

Alhasil, taman hiburan unik yang hits pada masanya ini sekarang tampak tidak terawat dan jadi angker. Hal ini yang kemudian para wisatawan pecinta horor manfaatkan tempat ini untuk berburu spot foto di sana.

Area wisata keluarga seluas 60 hektare ini dulunya berjejer patung-patung gajah di pinggir jalan sebagai ikon. Tempat ini juga menawarkan wahana permainan dan taman rekreasi air. 

Baca Juga : Hidden Gem : Curug Bandung, Objek Wisata Alam di Karawang

5. Taman Remaja Surabaya

tempat wisata populer yang kini terbengkalai
Taman Remaja Surabaya/Foto: Instagram.com/surabayatamanremaja

Sebuah taman di Surabaya, Taman Remaja Surabaya sempat menjadi destinasi liburan murah kebanggaan warga Surabaya. Awalnya, pengunjung dapat menikmati 20 wahana permainan yang ada di sana. Namun, pada 2018 lalu, pemerintah menutup taman hiburan yang berdiri sejak 1971 ini. Alasannya karena kerja sama dengan pengelola sudah habis.

Eksistensi Taman Remaja Surabaya memang telah usai sejak 2018. Namun, menurut kesaksian warga setempat, mereka masih suka mendengar suara keramaian dan bunyi musik dari TRS di malam hari, yang seakan-akan hidup kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here