Beranda Lifestyle Budaya Traveloka Travel Trend: 3 Destinasi Wisata Lokal yang Paling Diminati di Awal...

Traveloka Travel Trend: 3 Destinasi Wisata Lokal yang Paling Diminati di Awal Tahun 2021

Milenianews.com – Setelah setahun penuh selama 2020 ini masyarakat di himbau agar tetap di rumah aja. Kebosanan ini akhirnya mencuat ketika memasuki tahun 2021 ini objek wisata akan kembali buka. Minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata terhitung cukup tinggi. Traveloka mengadakan survei untuk melihat Trend Travel di awal tahun 2021 ini.

Berdasarkan survei internal Traveloka terhadap pengguna, 35% responden menyatakan tertarik untuk berlibur di awal tahun 2021. Dalam berwisata, pola prilaku dan minat masyarakat di era new normal sejak pandemi COVID-19 melanda.

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan standar tinggi, masyarakat kini lebih memiliki minat yang tinggi untuk wisata alam. Selain wisata alam, wisata #SmartStaycation, wisata budaya, rekreasi dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri.

Dalam riset Traveloka, sebanyak 72% responden menyatakan ingin mengunjungi destinasi wisata alam di luar kota tempat tinggal. Sementara responden lainnya menyatakan ingin mengunjungi objek wisata, kuliner, serta seni dan budaya yang berada di sekitar kota tempat tinggal.

Berdasarkan hasil survei Traveloka, bisa kita simpulkan jika Travel Trend pada awal tahun 2021 ini adalah wisata alam, budaya, rekreasi dan kuliner.

Penasaran apa saja destinasi wisata di Indonesia paling diminati di awal tahun 2021 ini? Mengutip dari Traveloka(11/3), Milenianews merangkum kembali 3 destinasi perjalanan yang menjadi minat tertinggi di Indonesia pada awal tahun 2021 :

1. Bali (52%)

Bali merupakan primadona wisata dunia, tempat ini akan selalu menjadi pilihan wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebagai destinasi wisata terpopuler, Bali kembali mendominasi rata-rata pencarian sebesar 52%. Pencarian destinasi Bali di aplikasi Traveloka cukup beragam. Mulai dari pilihan akomodasi seperti hotel, vila, resort, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan dan Ubud. Kemudian pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi dan kuliner juga banyak di cari.

Bali juga dipilih sebagai destinasi workation dengan banyaknya pilihan akomodasi untuk bekerja dari hotel dan vila, juga beberapa coworking space di area Canggu. Di Bali, sobat milenia bisa mengunjungi:

Bali Zoo, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Waterbom Bali, Toya Devasya Hot Spring Waterpark, dan Reborn Signature Wellness Spa Dewi Sri Bali Massage Treatments.

Untuk rekomendasi akomodasi paling diminati pengguna Traveloka:

The Kayon Resort by Pramana, Alila Manggis, La Vie Villa, The Anvaya Beach Resort Bali, Aksari Resort Ubud, dan Natura Resort & Spa.

2. Daerah Istimewa Yogyakarta (37%)

Jika di akhir tahun 2020 Daerah Istimewa Yogyakarta berada di peringkat ke-4 dengan pencarian 7%. Maka di awal 2021 destinasi liburan ini melesat menjadi paling dicari di Indonesia peringkat ke-2 dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 37%.

Daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam dengan pemandangan eksotis. Kota ini juga merupakan “rumah” bagi para seniman tanah air.

Destinasi wisata & rekreasi paling dicari pengguna Traveloka:

kidzooona Hartono Mall Yogyakarta, Candi Borobudur, dan Jogja Bay Waterpark, Kalluna, Chingu Korean Fan Cafe – Caturtunggal, Pempek Ny. Kamto, Rajaklana Resto, dan JC Forest Cafe & Resto – Jogja City Mall.

Sedangkan untuk pilihan Akomodasi para pengguna Traveloka antara lain: Eastparc Hotel Yogyakarta, Swiss-Belboutique Yogyakarta, Java Villas Boutique Hotel, Gaia Cosmo Hotel, Melia Purosani Yogyakarta, dan The Amartya Jogjakarta Hotel.

Baca Juga : Pengunjung Harus Terapkan 3M saat Kunjungi Objek Wisata

3. Jakarta (30%)

Berada di peringkat ketiga dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 30%, Jakarta menjadi salah satu destinasi pilihan masyarakat awal tahun ini. Jakarta memiliki pesona tersendiri sebagai salah satu ibu kota paling menarik di Asia Tenggara.

Tak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta yang menjadi pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia. Hal ini menjadikannya sebagai destinasi yang ramai bagi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri.

Di Kota Metropolitan ini, banyak hal yang bisa wisatawan dapatkan seperti menikmati sensasi cita rasa internasional di restoran berkelas hingga jajanan lezat dan hemat.

Destinasi wisata & rekreasi paling populer antara lain : Ancol, Faunaland, Jakarta Aquarium & Safari, Dunia Fantasi, dan J-Sky Ferris Wheel. Sedangkan untuk wisata kuliner ada Ssikkek Korean BBQ, Liang Sandwich Bar, Kyochon Gandaria City, Kyochon – Kota Kasablanka, FatBubble, Bottlenose Shack – Tribeca Park, dan Pan & Co. – Mall Kelapa Gading 2, Liang Sandwich Bar – Central Park, Fuwa Fuwa – Central Park, Song Fa Bak Kut Teh – Central Park, Pusat Nasi Bakar – Central Kitchen, dan Omija – Central Park.

Baca Juga : 4 Tempat Wisata di Gunung Merapi yang Tetap Buka, Meski Bersatus Siaga

Indonesia memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan destinasi wisata di negara lain. Banyak destinasi wisata yang bisa wisatawan eksplore sendiri. Data diatas hanya merupakan sebagian kecil dari keseluruhan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Masih banyak tren pencarian destinasi travel di Indonesia awal tahun 2021.

Nah sobat milenia, Apakah destinasi favoritmu masuk dalam daftar Traveloka Travel Trend di awal tahun ini? (Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...