Jurusan Teknologi Komputer

Milenianews.com, Jakarta – Menjamurnya perusahaan start up di Indonesia, menjadi sebuah tren di kalangan generasi muda. Tak hanya menyasar kaum milenial, tren start up founder (pendiri) pun turut membanjiri generasi Z. Makanya, sekarang Teknologi Komputer menjadi acuannya.

Pertumbuhan ekonomi yang terjadi, sukses melahirkan sosok-sosok CEO muda di Indonesia yang menjadi motivasi generasi muda untuk menciptakan perusahaan rintisan (start up).

ADOP

Baca Juga : Kampus Berbasis Teknologi Komputer, Sebagai Lokomotif Utama Perubahan di Bidang Digital

Rachmat Adi Purnama, ketua Program Studi (kaprodi) Teknologi Komputer, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menanggapi hal tersebut bahwa, era society 5.0 membuat teknologi komputer menjadi salah satu sektor yang paling berkembang.

Terlebih, jurusan kuliah Teknologi Komputer pun menjadi pilihan yang tepat bagi generasi muda yang bercita-cita menjadi start up founder. Prodi ini, menggabungkan usaha dengan teknologi.

“Kemampuan menggabungkan bisnis dengan programming, sering menjadi kendala bagi seorang programmer yang lebih fokus ke sisi teknisnya saja. Tetapi di jurusan Teknkologi Komputer, memungkinkan programmer mendapat peluang untuk menggabungkan usaha dengan teknologi,” katanya ditemui di tempatnya, Senin (17/1).

Propek karier lulusan jurusan Teknologi Komputer sangat luas

Jurusan Teknologi Komputer
Foto : Jurusan Teknologi Komputer.

Prospek karier lulusan teknologi komputer selain menjadi start up founder, juga terbentang luas. Sebut saja sebagai software engineer, android programmer, konsultan IT, computer network, game developer dan application developer.

Kemampuan menguasai bahasa pemrograman menjadi nilai plus bagi lulusan jurusan ini dalam menciptakan sebuah aplikasi. Hal tersebut akan mempermudah mendirikan perusahaan rintisan sendiri.

“Perusahaan start up di Indonesia sendiri telah memasuki segala bidang, dari mulai e-commerce seperti tokopedia, bukalapak, Blibli dan OLX. Di bidang transportasi, sudah ada gojek dan dunia travelling ada tiket.com serta Lazada. Kehadiran perusahaan start up di Indonesia berhasil masuk dalam lima kasta start up seperti unicorn, decacorn, dan hectacorn,” imbuhnya.

Lulusan teknologi komputer juga bisa menjadi seorang konsultan IT pada perusahaan start up. Kerjanya meliputi perencanaan, pelaksanan, serta evaluasi dalam teknologi informasi.

Konsultan IT berfokus menjadi spesialis teknis, yang mengintegerasikan teknologi informasi dalam bisnis. Sehingga, dapat memberi saran pada klien tentang penggunaan teknologi informasi, agar menjadi lebih efisien dan sesuai target.

Archmat mengungkapkan, prodi Teknologi Komputer Universitas BSI saat ini sudah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk periode kuliah bulan September 2022 mendatang.

Baca Juga : Prodi Teknologi Komputer dan Prospek Kerjanya

“Daftar kuliah di Universitas BSI caranya sangat mudah. Cukup mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau mengunjungi laman https://bsi.pmbonline.id/,” jelas Rachmat.

Universitas BSI juga memberikan pembayaran kuliah, melalui sistem cicilan sebesar Rp 600 ribu perbulan melalui DanaCita.(Lady Agustine)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here