Beranda Lifestyle 6 Fitur Baru iPhone 13 dan iPhone 13 Pro yang Wajib Kalian...

6 Fitur Baru iPhone 13 dan iPhone 13 Pro yang Wajib Kalian Ketahui

Milenianews.com – Setelah beberapa hari lalu, Apple secara resmi mengumumkan jajaran iPhone 13 dalam acara “California Streaming” yang berlangsung secara virtual pada Rabu (15/9) dini hari. Ada empat perangkat yang Apple umumkan yakni iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max dengan berbagai fitur baru yang menarik.

Seri iPhone 13 mendapat dukungan prosesor A15 Bionic, chip terbaru milik Apple yang berbeda dari iPhone 12 pendahulunya yang menggunakan A14. Apple mengklaim jika Chipset baru ini menjadi CPU tercepat daripada smartphone apapun. Serta 50% lebih cepat daripada kompetitornya. Tak hanya itu, GPU-nya juga 30% lebih cepat dari yang lain. Neural Engine 16 core-nya juga mampu melakukan 15,8 triliun operasi per detik, kabarnya.

Untuk seri iPhone 13 dan iPhone 13 Pro telah menggunakan kamera baru, serta menerima sensor terbesar dari pada semua smartphone Apple lainnya hingga saat ini.

- Advertisement -

Baca Juga : Jajaran iPhone 13 Baru Resmi Rilis Harga Mulai Rp9,9 Juta

Untuk sobat milenia yang penasaran, berikut 6 fitur baru di iPhone 13 dan iPhone 13 Pro yang harus kalian ketahui.

6 Fitur Baru iPhone 13 dan iPhone 13

1. Mode Sinematik

- Advertisement -

Peningkatan kamera terbesar untuk iPhone 13 dan iPhone 13 Pro adalah mode Sinematik yang baru. Mode ini memungkinkan iPhone untuk secara otomatis mengubah fokus dari satu objek ke objek lainnya di tengah bidikan. Kemampuan ini sempat hadir di ponsel lain seperti Sony Xperia 1 II, namun baru pertama kalinya di iPhone. 

2. Mode Makro (iPhone 13 Pro)

Apple melakukan perbaikan pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max untuk foto makro di kamera ultra wide. Kamera ultra wide baru ini memiliki aperture f/1.8 dan bidang pandang 120 derajat. Kamera ini juga memiliki sistem fokus otomatis yang memungkinkannya fokus dan memperbesar subjek dari jarak 2cm.

Menariknya, Apple juga mengatakan bahwa kekuatan makro baru ini tidak hanya untuk foto tapi juga video, termasuk mode Slo-mo dan Time-lapse.

Baca Juga : Chipset A12Z Bionic Apple Akan Jadi Pesaing Intel dan AMD

3. Photographic Styles

Fitur lainnya yang juga tersedia di seluruh seri iPhone 13 adalah Photographic Styles. Ini kurang lebih bekerja seperti preset Adobe Lightroom yang memungkinkan pengguna untuk menentukan tampilan tertentu dalam foto. Namun Apple menerapkannya saat pengambilan gambar, bukan setelahnya.

4. Dukungan Apple ProRes (iPhone 13 Pro)

Menjawab beberapa rumor yang sebelumnya hadir, Apple memperkenalkan fitur atau dukungan format video ProRes ke seri iPhone 13 Pro. Sederhananya, ini adalah format video terkompresi yang memberikan kemudahan edit dalam program seperti Apple Final Cut Pro dan Adobe Premiere Pro, tanpa kehilangan detail.

Apple belum mengungkapkan salah satu dari enam format ProRes yang akan menjadi fitur baru ini untuk model iPhone 13 Pro. Namun perusahaan menyebutkan jika pengguna dapat merekam file ProRes 4K/30p. Kecuali pengguna memilih model 128GB yang kapasitasnya lebih rendah, karena akan menurunkan kualitas video ke 1080p/30p.

Baca Juga : iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max Meluncur, Fotografer dan Videografer Harus Punya

5. Mode Malam di Semua Kamera (iPhone 13 Pro)

Apple mengatakan iPhone 13 dan iPhone 13 Mini akan mendapatkan fitur “mode Malam yang ditingkatkan”. Akan tetapi lebih dari itu, model iPhone 13 Pro mendapatkan dukungan tambahan di ketiga kameranya untuk fitur ini.

Bagi banyak orang, ini sebenarnya adalah peningkatan kamera terbesar di iPhone Pro baru, mengingat serbagunanya mode Malam.

6. Sensor Kamera yang Lebih Besar

Fitur ini hadir di iPhone 13 maupun iPhone 13 Pro. Keduanya telah mendapatkan peningkatan pada kamera wide yang mendapatkan sensor lebih besar. iPhone 13 dan iPhone 13 Mini mewarisi kamera utama yang sama dengan iPhone 12 Pro Max tahun lalu, dengan piksel 1,7 mikron, stabilisasi optik Sensor-shift, dan aperture f/1.6. 

Sementara itu kamera wide utama dari seri iPhone 13 Pro menampilkan sensor terbesar yang pernah ada di iPhone mana pun. Yaitu dengan piksel 1,9 mikron dengan dukungan stabilisasi Sensor-shift yang sama dan lensa f/1.5. Menurut Apple, ini membawa peningkatan 2,2x lipat dalam pemotretan cahaya rendah daripada iPhone 12 Pro Max.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

3 Profesi Tren Untuk Lulusan Jurusan Teknik Industri

Milenianews.com - Jika kamu ingin memiliki kemampuan yang serba bisa, jurusan teknik industri bisa jadi pilihan yang tepat saat kuliah. Mengingat, teknik industri merupakan salah...

Pengabdian Masyarakat : Pentingnya Pengelolaan Website, Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi

Milenianews.com, Tangerang - Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia untuk mengimplementasikan ilmu para akademisi khususnya dosen....

Skystar Ventures UMN Gelar Demo Day, Ajak Mahasiswa UMN Memperkenalkan Ide Bisnis

Milenianews.com, Jakarta - Inkubator bisnis Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group, Skystar Ventures UMN, menyelenggarakan Demo Day virtual. Gelaran ini diikuti...

Rahasia Wanita di Lembah Hunza yang Cantik dan Panjang Umur

Milenianews.com - Lembah Hunza, sebuah daerah lembah bergunung di Utara Pakistan. Para wanita di Lembah Hunza, terkenal dengan paras yang cantik dan awet muda. ...