Beranda Pendidikan Yuk, Cari Tahu Perbedaan Prodi Informatika dan Sistem Informasi

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Prodi Informatika dan Sistem Informasi

Milenianews.com, Jakarta – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan cita-cita semua orang termasuk sobat milenia yang sudah lulus SMA/SMK. Untuk itu, sebelum melanjutkan kuliah, penting bagi kalian mengetahui informasi terkait program studi (prodi) untuk menentukan pilihan jurusan ketika kuliah nanti, khususnya yang tertarik di bidang teknologi informasi. Ada dua prodi yaitu Prodi Informatika dan Sistem Informasi, tentunya keduanya memiliki perbedaan.

Di kalangan masyarakat, kita mengenal keduanya sebagai jurusan di bidang Teknologi Informasi atau Information Technology (IT). Peran IT untuk mempermudah aktivitas manusia saat ini sudah semakin nyata.

Manusia hampir tidak bisa lepas dari peran teknologi, kebutuhan Teknologi di semua sektor juga mempengaruhi alasan mengapa teknologi informasi begitu potensial di tengah masyarakat.

- Advertisement -

Baca Juga : 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Dengan prospek kerja yang bagus, profesi di bidang IT sangat menjanjikan. Saat ini, kebutuhan IT terus meningkat seiring penerapannya. Jenjang karir di bidang IT tentu sangat luas, bahkan jika tidak bergabung di perusahaan, kita bisa membuat bisnis startup.

- Advertisement -

Untuk sobat milenia yang ingin melanjutkan kuliah di bidang teknologi informasi dan bingung memilih antara prodi Informatika dan Sistem Informasi, maka penting untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya. Informatika dan Sistem Informasi merupakan dua prodi yang bergerak bidang IT, meski penamaannya hampir sama, namun keduanya berbeda.

Beberapa mata kuliah bahkan prospek kerja dari kedua prodi ini juga berbeda, yuk cek perbedaannya!

1. Mata Kuliah

Banyaknya mata kuliah prodi Sistem Informasi dan Informatika akan bergantung pada jenjang pendidikan yang kita ambil dan kampus kita kuliah.

Pada jenjang Diploma Tiga (D3) ataupun jenjang Sarjana (S1) biasanya memiliki mata kuliah wajib sebagai dasar untuk memahami tentang Sistem Informasi dan Informatika.

2. Intensitas Praktik

Banyaknya praktik pada prodi Sistem Informasi dan Informatika tentu akan berbeda. Prodi Informatika biasanya akan belajar juga tentang perangkat keras dan sedikit tentang perangkat lunak.

Namun untuk prodi Sistem Informasi, sangat sedikit bahkan hampir tidak mengotak-atik perangkat keras (hardware). Di prodi Sistem Informasi semuanya akan terkait dengan perangkat lunak. Banyaknya waktu praktik mungkin sama, namun keduanya berada pada ranah yang berbeda.

3. Pengetahuan tentang Bisnis

Sistem Informasi akan belajar lebih banyak tentang Bisnis IT. Karena seseorang dengan keahlian di bidang sistem informasi dapat menjadi penengah antara klien dengan programmer.

Sedangkan untuk informatika cenderung mengarah pada hal yang bersifat teknis sehingga tidak terlalu mendalami tentang Bisnis IT.

Baca Juga : 7 Jurusan Untuk Berkarir di Bidang IT

4. Pengetahuan tentang Bahasa Pemrograman

Di semester awal, prodi Sistem Informasi dan Informatika biasanya akan mempelajari dasar pemrograman. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu belajar, pelajaran akan berbeda di semester-semester berikutnya.

5. Pemahaman tentang Database

Database menjadi salah satu komponen penting dalam pengembangan sistem terkomputerisasi. Prodi Sistem informasi biasanya akan mengambil jumlah SKS yang lebih banyak untuk memahami secara mendalam tentang database. Mahasiswa Sistem Informasi biasanya memiliki pengetahuan tentang Database Management System (DBMS) yang biasanya digunakan dalam tahapan pengembangan sistem informasi.

6. Pengetahuan tentang Jaringan Komputer

Prodi Informatika biasanya akan memperdalam tentang jaringan komputer, sebagai salah satu mata kuliah yang dapat menunjang prospek kerja. Jaringan komputer mengupas tentang pemahaman jaringan di dalam institusi, agar dapat saling terkoneksi.

Biasanya prodi Sistem Informasi hanya belajar tentang teorinya saja, sedangkan prodi Informatika akan memperdalam hingga praktik pembuatan jaringan.

7. Pemahaman tentang Hardware

Pengetahuan tentang hardware tentu akan lebih banyak pada Informatika. Biasanya dalam mata kuliah ini, mahasiswa mengambil mata kuliah tentang perangkat keras komputer sehingga perlu memahami isi pada CPU, monitor, dan perangkat keras lainnya. Tidak hanya memahami bagiannya saja, mahasiswa juga harus mampu untuk membongkarnya dan merakitnya kembali.

Sedangkan untuk sistem informasi hanya secara teori saja, tidak sampai pada praktik. Walaupun begitu, biasanya informatika akan mengembangkan suatu sistem yang terkoneksi dengan hardware seperti robotik.

8. Pemahaman tentang Software

Prodi sistem informasi akan lebih banyak belajar tentang software jika dibandingkan dengan Informatika. Biasanya sistem informasi akan lebih banyak berkutat dengan koding namun penggunaannya hanya pada perangkat lunak saja. Hal itu membuat mahasiswa sistem informasi biasanya lebih familiar terhadap beberapa bahasa pemrograman.

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah Paling Dicari di Tahun 2021

9. Pengetahuan tentang Manajemen Proyek

Untuk mempelajari tentang manajemen proyek, tentu akan bergantung pada kurikulum yang diberlakukan pada suatu kampus dimana kamu menempuh studi.

Pada prodi Sistem Informasi, pembahasan tentang manajemen proyek biasanya lebih mendalam. Mahasiswa akan belajar juga tentang apa saja komponen yang diperlukan dalam suatu proyek, mengatur penjadwalan proyek, dan prosedur yang harus dilakukan agar proyek dapat diselesaikan tepat waktu.

10. Badan Usaha atau Instansi untuk PKL

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan mahasiswa menjelang semester akhir. Prodi Informatika dan Sistem Informasi bisa berada dalam instansi yang sama namun memiliki perbedaan. Biasanya Informatika lebih menganalisis tentang jaringan, sedangkan Sistem Informasi lebih berfokus analisis sistem.

11. Prospek Kerja Setelah Lulus

Kesempatan berkair untuk prodi Sistem Informasi dan Informatika sangat luas, keduanya juga memiliki perbedaan di bidang profesi. Sistem Informasi biasanya dibutuhkan untuk profesi Programmer, Web Designer, System Analyst, Database Designer, dan bagian lain terkait dengan pengembangan perangkat lunak, perancangan sistem informasi, dan desain database.

Sedangkan Informatika biasanya bekerja pada profesi yang terkait dengan teknik, seperti Network Administrator, Staff IT, dan Newtork Maintenance. Lulusan dari program studi ini, juga bisa menjadi bagian dari pengembangan proyek artificial intelligence (AI) yang mengimplementasikan bahasa pemrograman untuk robotika.

12. Kebutuhan Perangkat Praktikum saat Studi

Laptop akan sangat dibutuhkan dalam proses belajar pada kedua prodi ini. Spesifikasi yang dibutuhkan biasanya akan berbeda. Beberapa bahasa pemrograman tertentu terkadang menuntut harus memiliki laptop dengan spesifikasi yang tinggi.

Kapasitas RAM juga biasanya akan mempengaruhi performa laptop saat menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Ketika memiliki laptop dengan fitur yang memadai, tentunya akan lebih leluasa saat praktik.

Baca Juga : Lulusan Prodi Sistem Informasi Jadi Incaran Perusahaan

Itulah beberapa perbedaan antara prodi Sistem Informasi dan Informatika. Jadi, setelah membaca penjelasan tersebut, sobat milenia ga perlu bingung dan ragu lagi untuk memilih antara keduanya. Pilihlah kampus unggulan yang memiliki dua program studi tersebut.

Sebagai referensi, sobat milenia bisa mencari tahu pada kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM). Kampus swasta yang termasuk salah satu perguruan terbaik di DKI Jakarta.

Saat ini, meski pandemi belum usai, kita tidak boleh patah semangat untuk tetap maju dan menggapai mimpi. Kampus UNM sudah menyediakan aplikasi pendaftaran secara online melalui aplikasi PMB NUSA MANDIRI yang dapat di download pada playstore. Dan dapat mendaftar hanya dari rumah saja.

Yuk, tunggu apalagi segera daftarkan diri kamu sekarang. Sebab, Jadi Sarjana…? Nusa Mandiri Tempatnya!. (Umi)

19 KOMENTAR

  1. Terimakasih kak penjelasannya. Dua duanya juga jurusan yg paling banyak diminati dan mempunyai prospek karir yg bagus👍🏻

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tom Holland Tanggapi Rumor Trilogi Spider-Man Baru

Milenianews.com - Spider-Man: No Way Home belum lama ini memiliki rumor jika Spider-Man masih akan berada di Universe MCU (Marvel Cinematic Universe). Kabarnya film...

Sendiri yang Ramai

Oleh : Miss Karhan Semua kusut tak dapat ku urai, Hanya air mata Menjelaskannya lewat derai Bibirku diam tanpa ucap, Batinku asik sendirian Bercakap cakap Riuh sekali pikiranku, Sedang aku...

Universitas Nusa Mandiri Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS dengan Talkshow

Milenianews.com, Jakarta - Tanggal 1 Desember menjadi tanggal peringatan Hari AIDS Sedunia. Seiring dengan peringatan hari AIDS sedunia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan talkshow...

Disney Anggarkan Rp437 triliun Untuk di Tahun 2022

Milenianews.com - Disney mengungkapkan rencana mereka untuk satu tahun 2022 dengan anggaran konten streaming menjadi USD33 miliar atau sekitar Rp473 triliun. Jika kita bandingkan dari anggaran...