Beranda Lifestyle Kuliner 8 Tips Belanja Makanan Sehat Disaat Pandemi

8 Tips Belanja Makanan Sehat Disaat Pandemi

Milenianews.com – Situasi saat ini membuat masyarakat mencoba mengurangi frekuensi perjalanan belanja bahan makanan. Sehingga lebih efektif dan efisien sehingga sobat milenia dapat  meminimalkan waktu yang dihabiskan di dalam toko. Berikut Milenianews rangkum beberapa tips belanja bahan makanan sehat disaat pandemi.

Faktanya, persentase orang yang berbelanja makanan sekali setiap dua minggu hampir dua kali lipat selama krisis COVID-19. Menurut survei oleh perusahaan konsultan manajemen McKinsey. Berikut Tips belanja bahan makanan sehat disaat pandemi covid-19: 

1. Buat Daftar Belanja

Rencanakan apa yang akan sobat masak dan makan untuk minggu depan atau lebih sebelum sobat pergi ke toko untuk belanja. Hal ini dapat membuat sobat memastikan bahwa sobat dapat memanfaatkan waktu berbelanja dengan baik. Jika Anda pergi ke supermarket dengan tata letak barang yang Sobat ketahui, maka sobat bisa menyusun list barang belanjaan sesuai dengan urutan rak barang.

2. Beli Buah dan Sayur dengan Varian Warna

- Advertisement -

Buah dan sayuran merupakan bagian penting dari pola makan sehat karena mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, sobat membutuhkan berbagai jenis dan warna produk. Warna yang berbeda menandakan nutrisi yang berbeda. Misalnya, sayuran berdaun hijau tua memiliki kandungan lutein yang penting untuk kesehatan mata. Produk merah dan oranye mengandung likopen, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Jadi sobat bisa membuat keranjang belanja sobat bervariasi warna untuk memenuhi keseimbangan kesehatan.

3. Pilih Makanan Beku

Buah dan sayuran beku sama sehatnya dengan segar. Selain itu, menyimpan makanan beku, yang bertahan lebih lama dari segar, dapat membantu Anda mengurangi limbah makanan.

- Advertisement -

Baca Juga : Konsumsi Makanan ini Bisa Bantu Mencegah Kanker Payudara

4. Usahakan belanja barang Organik

Makan organik membantu mengurangi paparan pestisida dan melindungi lingkungan. Dengan produk, jika Anda tidak dapat membeli semua organik, prioritaskan item yang paling sering Anda makan. Dan Periksa peringkat produk CR barang yang dikemas memiliki label organik USDA.

5. Pilih Makanan Berprotein

Protein adalah komponen penting dari makanan untuk orang dewasa yang lebih tua karena mereka cenderung kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia. Tetapi bijaksana untuk mendapatkan protein dari berbagai sumber, termasuk makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, serta daging dan unggas tanpa lemak.

Baca Juga : Work From Home, Ini 5 Resep Makanan Sehat yang Bisa di Coba di Rumah

6. Periksa Label sebelum Membeli

Label makanan memudahkan Anda membandingkan info nutrisi antar merek. Misalnya, cari saus pasta dan sup yang memiliki jumlah natrium paling rendah. Sereal siap makan, granola, dan bar energi? Periksa lebih banyak serat dan sedikit gula. Mmebeli roti yang mencantumkan tepung gandum sebagai bahan utama, atau cari label yang mengatakan 100 persen gandum utuh.

7. Beli Bahan Persediaan untuk DIY (Do it Yourself)

Produk olahan yang dibuat sering kali penuh dengan gula, natrium, dan bahan tidak sehat lainnya. Tapi banyak dari makanan ini yang mudah dibuat sendiri (Do it Yourself). Minyak zaitun, cuka, dan beberapa bumbu favorit Anda bisa menjadi saus salad yang enak. Contoh lainnya bisa membeli semburan udara dan sedikit garam membuat berondong jagung tanpa tenaga.

8 Tahan Impulse Buy

Sulit untuk menolak makanan yang ada dekat area kasir. Namun perlu diingat bahwa seringkali hanya sedikit memberi gizi. usahakan sobat membeli apa yang sudah sobat buat di daftar belanja sobat. Sehingg sobat tau seberapa besar gizi yang sobat konsumsi. (Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

6 Situs Tes CPNS Online 2021 Gratis

Milenianews.com, Jakarta - Tes CPNS 2021 gratis bisa Sobat ikuti sebelum mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2021. Pendaftaran CPNS 2021, dari kabar beredar, akan buka...

SMK Bebas Biaya Bangunan dan SPP? Memangnya ada??

Milenianews.com - Jawabannya tentu ada. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cikra 1 Jakarta membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2021/2022 yang bebas biaya bangunan...

Bupati Mukomuko Minta Blokir Game Online ke Menkominfo

Milenianews.com, Bengkulu - Game online menjadi trend di kalangan anak-anak, yang bisa berdampak negatif jika tidak ada kontrol dari orang dewasa. Guna meminimalisir hal...

Mengejutkan, Ronaldo Sudah Dapat Tawaran dari Barcelona?

Milenianews.com, Jakarta - Masa depan Cristiano Ronaldo di Juventus masih belum jelas. Klub asal Ibu kota ini, tak sanggup lagi membayar gaji sang pemain....