News  

Tersedia di Tahun 2021, Harga Vaksin Corona diperkirakan Rp. 440.000 per orang

Vaksin Corona

Milenianews.com, Jakarta – Imunisasi massal vaksin Corona (Covid-19) yang akan ditargetkan pemerintah Indonesia di awal tahun 2021, membuat pemerintah sedang mencanangkan kisaran harga vaksin tersebut. Kini, Indonesia masih menjalani kerjasama dengan negara China perihal produksi vaksin melalui Bio Farma (BUMN RI) dengan Sinovac (China).

Dilansir dari Financedetik.com, Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan bahwa tiap satu individu harus dilakukan dua kali vaksinasi dengan rentang waktu sekitar dua minggu.

Baca Juga : Presiden lihat langsung Penyuntikan Vaksin Covid-19 ke 1.620 Relawan di Bandung

“Perhitungan awal harga vaksin ini untuk istilahnya bukan per dosis tapi untuk satu orang. Karena satu orang ini dua kali suntik, jeda waktunya dua minggu. Kurang lebih itu harga vaksin corona nya USD 25-30 range-nya, tapi ini Bio Farma sedang hitung ulang,” ujar Erick, Jumat (28/8).

Pemberian vaksin Corona bisa dilakukan dengan dua mekanisme

Jika dirupiahkan, satu individu membutuhkan biaya sekitar Rp. 440.448 (kurs Rp. 14.681). Ia menambahkan, untuk mengurangi anggaran beban negara, penyaluran vaksin akan dilakukan melalui dua mekanisme. Pertama, vaksin diberikan secara gratis untuk masyarakat yang telah terdaftar di BPJS Kesehatan dengan menggunakan anggaran APBN.

Baca Juga : Biofarma siap Produksi 250 juta Vaksin Corona pada 2021

Kedua, vaksinasi mandiri yang menjadi pijakan untuk mengurangi beban anggaran negara. Sehingga masyarakat yang dianggap mampu secara finansial harus membeli vaksin ini. Namun, mekanisme penyaluran vaksin ini masih dalam pembahasan oleh Komite Penanganan Covid-19. (Ahmad Fachrurozi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *