News  

Tingkat Penularan Pandemi di Surabaya Diprediksi Sulit Turun

Penularan cCovid-19 di Jatim lebih banyak dari Surabaya

Milenianews.com, Surabaya – Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi, menyebut tingkat penularan covid-19 di Surabaya masih cukup tinggi mencapai angka 1,1. Artinya penambahan pasien covid-19 di Surabaya bakal terus meningkat.

“Jadi pasien yang terjangkit covid-19 pasti bertambah terus, karena lebih dari satu (tingkat penularannya),” kata Joni di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (10/6) malam.

Baca Juga : Usai PSBB Gubernur Anies akan Terapkan PSBL di 62 Zona Merah Jakarta

Joni menjelaskan secara global tingkat penularan covid-19 di Surabaya Raya, yakni Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik mencapai 1,2. Angka itu jauh di atas tingkat penularan covid-19 di Jatim yang berada di kisaran 0,86 persen.

Joni menyebut penambahan pasien baru yang terkonfirmasi positif covid-19 di Jatim didominasi dari Surabaya Raya, khususnya di Surabaya. Bahkan hampir separuh dari total keseluruhan tambahan se-Jatim berada Surabaya, rata-rata per pekannya sebesar 49,6 persen.

“Kalau total di Surabaya Raya, lebih tinggi lagi yakni sebesar 59,8 persen. Makanya, mari kita berdoa agar kasus di Surabaya berakhir. Kalau berakhir separuh masalah covid-19 di Jatim berhenti,” jelasnya.

Persentase penularan Covid-19 di Jawa Timur di Dominasi dari Surabaya

Tak hanya itu, Joni juga menyebut jumlah warga yang terkonfirmasi positif covid-19 per seratus ribu penduduk di Surabaya sangat banyak, yaitu berada pada angka 107,6 persen. Sedangkan di Surabaya Raya mencapai 68,9 persen. “Untuk Jatim dengan 39 juta penduduk, attack rate hanya 14,57 persen,” ungkapnya.

Melihat persentase itu, Joni pun mengingatkan masyarakat di Surabaya Raya agar tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Hari ini misalnya, tambahan pasien positif covid-19 di Surabaya mencapai 188 orang. Terbanyak dari total tambahan keseluruhan se- Jatim yang mencapai 304 pasien,” bebernya.

Baca Juga : 161 Tenaga Medis di Surabaya positif Corona, 4 Meninggal

Sementara untuk dua daerah di Surabaya Raya lainnya, yakni Sidoarjo bertambah 24 orang, dan Gresik sembilan pasien. Selain itu Surabaya juga menyumbang pasien baru yang terkonfirmasi sembuh dengan 37 orang, dan Sidoarjo 22 pasien.

Sementara pasien yang meninggal akibat covid-19 di Surabaya juga terbanyak per hari ini dengan enam orang, Gresik empat pasien, dan Sidoarjo empat orang. Total tambahan pasien yang dinyatakan sembuh pada hari ini sebanyak 112 orang dan pasien meninggal bertambah 23 pasien.(afr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *